TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Tak Hanya Cantik, Tanaman ini Juga Ampuh Usir Nyamuk

16/02/2019 - 00:17 | Views: 27.49k
Selain Cantik, Bunga lavender juga ampuh untuk mengusir nyamuk (Foto: purewow)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kasus demam berdarah dengue atau DBD menjadi momok ketika musim hujan tiba. Penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk ini dapat berakibat fatal jika tak ditangani dengan baik.

Untuk mencegahnya pemerintah telah mengkampanyekan gerakan 3M yaitu mengubur, menutup dan menguras bak mandi.

Menjaga kebersihan saja tak cukup untuk menghindari nyamuk. Penggunaan insektisida untuk membunuh nyamuk, terkadang bukan menjadi pilihan tepat bagi sebagian orang, karena dapat menganggu pernafasan.

Anda bisa menggunakan bahan alami untuk mengusir nyamuk. Berikut jenis tanaman yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk

Serai
Cara mengusir nyamuk yang satu ini tentu sudah tidak asing bagi beberapa orang. Adalah serai yang biasanya dijadikan penyedap makanan atau minuman, kini serai bisa dipakai sebagai pengusir nyamuk.

Karena alasan inilah cukup banyak lotion anti nyamuk yang memakai serai sebagai bahannya.

Pakar kesehatan menyarankan Anda untuk menanam serai di halaman rumah, khususnya yang dekat dengan jendela agar nyamuk tidak mudah masuk ke dalam rumah.

Selain menanamnya, Anda bisa juga mengiris serai dan letakkan di mana nyamuk sering bersarang (dibalik pintu, bawah tempat tidur, atau korden). Aroma serai yang merebak tak disukai oleh nyamuk.

Lavender
Bunga lavender yang berwarna ungu memang memiliki rupa yang sangat cantik dan aroma yang harum. Tak disangka, aroma ini sangat tidak disukai nyamuk karena adanya zat linalool dan asetat yang bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Anda bisa menanam lavender pada pot di dekat jendela atau pintu.

Lemon Balm
Tanaman pengusir nyamuk lainnya adalah lemon balm. Tanaman ini memiliki kandungan senyawa stronelal yang bisa mengusir nyamuk. Anda bisa menanamnya di area pekarangan atau halaman depan.

Namun perlu diingat, Anda harus merawatnya dengan hati-hati karena pertumbuhan tanaman ini sangatlah cepat dan bisa saja tumbuh mencapai 2 meter.

Marigold
Tanaman hias pengusir nyamuk lainnya adalah bunga marigold. Di dalam bunga marigold terkandung zat yang disebut dengan pyrethrum, suatu senyawa yang telah terbukti efektif dalam mengusir serangga termasuk nyamuk.

Tapak Dara
Tapak dara atau geranium adalah tanaman hias pengusir nyamuk memiliki kandungan geraniol dan sitronelol yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini bisa kita tempatkan di pot di dalam rumah yang tentu akan membuat nyamuk tidak betah untuk berlama-lama di dalam rumah.

Cobalah menggunakan bahan alami tersebut agar Anda dan keluarga terhindar dari DBD akibat gigitan nyamuk.(*)

Jurnalis: Ulfa Aprillia (MG-68)
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search