TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Rajin Konsumsi Sayur, Rasakan Manfaat Ini

16/02/2019 - 02:16 | Views: 17.30k
Ilustrasi - Sayur dan buah buahan (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMengonsumsi banyak sayur memang dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang masih belum mengetahui manfaat tersembunyi dari mengonsumsi sayur.

Hasil penelitian dalam Health Surveys for England menunjukkan, pola makan sayur serta buah bisa melindungi tubuh dari risiko kanker, penyakit jantung dan gangguan pada usus serta sistem pencernaan lainnya.

Lebih dari itu, masih banyak khasiat tersembunyi dari konsumsi sayur sedikitnya 7-8 porsi setiap hari yang belum tentu semua orang tahu. Berikut TIMES Indonesia suguhkan manfaat tersembunyinya yang dikutip dari CNN.

1. Mencegah Perut Kembung
Beberapa jenis sayuran memang bisa meningkatkan produksi gas di dalam perut yang menyebabkan kembung. Tapi itu hanya sebagian kecil. Sebagian besar sayur justru memberikan efek sebaliknya. Sayuran kaya akan serat yang bisa menyingkirkan 'sampah' sisa pencernaan serta bakteri jahat dari sistem pencernaan seperti usus dan lambung, sehingga dapat mencegah sembelit.

Untuk mengatasi rasa kembung pada perut, disarankan mengonsumsi ketimun, jeruk, selada hijau, selada merah dan tomat. Sebaiknya makan sayuran dalam keadaan mentah segar karena sayuran yang sudah mengalami proses pemanasan akan mematikan enzim dan mengurangi serat yang penting dalam proses mencerna makanan.

2. Membuat Wajah Tampak Cerah dan Muda
Ingin awet muda? Maka banyak-banyaklah makan sayur. Sayuran bisa mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dan membuat kulit tampak muda serta kenyal. Di dalam sayuran segar terdapat phytonutrient, vitamin C dan tinggi kandungan airnya.

Konsumsilah makanan berwarna oranye atau merah yang kaya akan beta-karoten. Jenis antioksidan ini bisa membuat wajah tampak glowy dengan semburat rona merah pada kulit. Likopen yang juga terkandung dalam sayuran merah seperti tomat pun sudah terbukti bisa menjadi tabir surya alami bagi kulit. Selain tomat, sayuran yang berkhasiat membuat kulit awet muda adalah ketimun, paprika, brokoli, kentang dan ubi manis.

3. Mengurangi Stres
Salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan mengasup magnesium dan vitamin C. Dua nutrisi ini banyak terkandung dalam sayuran. Selain itu sayuran juga memiliki nutrisi pereda stres lainnya seperti asam lemak omega-3, vitamin B dan potassium yang bisa melawan kelelahan serta depresi.

Potassium dan magnesium yang terdapat dalam sayuran juga bisa membuat Anda lebih relaks dengan menjaga tekanan darah tetap stabil. Untuk meredakan stres, Anda bisa makan hampir semua jenis sayuran. Mulai dari sayuran berdaun hijau, kentang, paprika, bayam, bok choy, edamame, jamur dan tomat.

4. Melindungi Tulang
Tidak hanya susu, beberapa jenis sayuran juga memiliki nutrisi yang bisa membentuk tulang seperti vitamin K, magnesium, potassium dan serat prebiotik.

Tomat telah lama diketahui bisa membantu memperkuat tulang. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang jarang makan tomat, risiko mengalami osteoporosis di kala tua lebih tinggi.

Selain tomat, sayuran lainnya adalah tanaman berdaun hijau pekat, bayam (masak sebentar agar kandungan kalsiumnya bertambah), brokoli, kacang polong, jamur, asparagus, kale, bawang putih dan daun bawang.

Nah, begitu banyak manfaat yang luar biasa bukan, dari mengonsumsi sayur? Yuk, jangan bosa-bosan untuk makan sayur agar perubahan tubuhmu lebih sehat dan positif. (*)

Jurnalis: Intan Nurindar Wardani (MG-70)
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search