TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Politik

Wanda Hamidah: Nasdem Tak Loloskan Caleg Mantan Narapidana

16/02/2019 - 06:44 | Views: 36.65k
Calon Legislatif DPR RI dari Partai Nasdem, Wanda Hamidah (FOTO: Edi Junaidi ds/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Calon Legislatif DPR RI dari Partai Nasdem, Wanda Hamidah mengatakan komitmen partai Nasdem bukan hanya tidak meloloskan caleg mantan narapidana untuk maju. Namun setiap kadernya yang bermasalah dengan hukum, diberi dua pilihan: mengundurkan diri atau dipecat.

Menurut Wanda, komitmen itu sebenarnya untuk melindungi partai. Oleh karena itu Partai Nasdem tidak meloloskan satupun caleg yang pernah terlibat kasus korupsi. 

"Jangankan korupsi, bermasalah dengan hukum saja kami pecat. Dalam rangka niat kami di politik ini, kami ingin melindungi masyarakat Indonesia," tutur Wanda kepada Wartawan di Hotel Mercure Sabang, Jakarta (15/2/2019).

Sebelumnya KPU RI berjanji, akan mengumumkan data-data profil para mantan narapidana yang sempat punya track record atau masalah dengan hukum. Namun masih ada caleg yang menolak untuk memberikan datanya ke KPU RI, karena alasan rahasia pribadi.

Wahyu Setiawan, Komisioner KPU RI menjelaskan, alasan sebagian caleg termasuk juga caleg mantan narapidana menolak memberikan datanya karena KPU RI memang tidak meminta data yang bersifat pribadi. "Ada yang sifatnya rahasia kami pahami itu. Hak pribadi seseorang, tapi kan yang kita minta datanya, tidak sampai ke situ," tandas Wahyu. (*)

Jurnalis: Edy Junaedi Ds (MG-57)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search