TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kuliner

Si Renyah Kerupuk Rambak, Sumber Penghasilan Warga Kauman

16/02/2019 - 14:40 | Views: 15.72k
Produksi krupuk rambak kota mojokerto. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Ketika melintasi jalan Mojosari - Mojokerto, maka kita akan menemukan beberapa kios-kios berjajar di tepi jalan yang menjajakan kerupuk rambak kulit sapi. Jika ingin melihat proses pembuatannya secara langsung, maka bisa mampir ke Desa Kauman, Bangsal, Mojokerto.

Terdapat 39 perajin yang ada di desa tersebut. Salah satunya rambak milik Nurul Habibah yang diberi merk Afi Perkasa. Nurul mengaku usahanya itu telah diwariskan turun temurun dari orangtuanya.

"Usaha ini sudah puluan tahun, dan Alhamdulillah, sampai sekarang ini lancar-lancar saja, dan yang terpenting bisa mempekerjakan pegawai, apalagi mereka sudah berkeluarga," kata Nurul Habibah.

Nurul merasa beruntung, usaha kerupuk rambak berkembang pesat. Kini ia mampu mempekerjakan 23 pegawai, terdiri dari 11 tenaga kerja laki-laki dan 12 tenaga kerja perempuan.

Usahanya itupun memberikan sumber penghasilan dan penghidupan kepada orang lain, khususnya warga Kauman.  

"Awalnya, usaha ini kami kerjakan berdua dengan suami dibantu dengan adik. Alhamdulillah, saat krismon (krisis moneter) tahun 1997, kami dapat berkah pesanan ke rupuk rambak dari Jakarta sebanyak satu ton dengan harga per kilonya Rp 25.000," katanya.

Rata-rata per minggu produksi kerupuk rambak yang dihasilkan Afi Perkasa yang dimiliki Nurul Habibah itu  mencapai delapan kuintal hingga satu ton kerupuk siap goreng. Jika sedang ramai pesanan dalam bulan Mei hingga puasa, rata-rata per hari bisa mencapai satu ton kerupuk rambak.

Pasarnya tidak hanya di Pulau Jawa, tapi juga sampai Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Bahkan, ada pelanggan saya dari Surabaya yang minta kiriman satu minggunya satu ton. Katanya untuk dikirim ke Arab Saudi," kata Nurul.

Harga kerupuk rambak kulit sapi siap goreng yang dihasilkan harganya bervariasi dan tergantung mutu dan kualitasnya. Harga kerupuk rambak Mojokerto kualitas nomor satu Rp 52.000 per kg, kualitas nomor dua Rp 50.000 per kg, dan kualitas nomor tiga Rp 49.000 kg. (*)

Jurnalis: Ulfa Aprillia (MG-68)
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Mojokerto
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search