TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Awas, Ini Bahaya Penggunaan Smartphone yang Berlebihan

18/02/2019 - 04:40 | Views: 115.63k
ILUSTRASI (FOTO: DragonImage)

TIMESINDONESIA, JAKARTASmartphone sudah menjadi barang jamak yang dimiliki banyak orang. Sayangnya banyak orang yang kurang bijak dalam menggunakan smartphone sehingga berakibat buruk pada kesehatan, baik fisik maupun psikologis.

Apa saja bahaya dari pengguaan smartphone yang berlebihan?

1. Smartphone Pinky

Istilah ini dipakai untuk menyebutkan kelainan pada jari yang membengkak akibat penggunaan smartphone terlalu sering dan lama. Kelainan ini biasanya terjadi terutama pada jari kelingking yang diakibatkan terlalu lama dan sering menopang bobot smartphone.

2. Tech Neck

Kondisi ini biasanya terjadi diakibatkan kepala yang terlalu lama menunduk. Pada awalnya penderita kelainan ini akan merasa pegal dan kaku di bagian leher hingga bahu. Kalau dibiarkan lama-kelamaan akan mulai terasa berat, sakit kepala, kesemutan bahkan mati rasa.

3. Text Claw

Kelainan yang satu ini bisa dialami oleh mereka yang terlalu lama dan sering mengerti kepada ponsel pintar. Kelainan ini ditandai dengan rasa kram dan nyeri pada jari-jari, telapak tangan bahkan sampai ke lengan bagian atas.

4. Trigger Finger

Kelainan ini ditandai dengan adanya rasa nyeri saat meluruskan atau menekuk jari. Bahkan kadang sampai terdengar bunyi 'klik' saat jari digerakkan. Pembengkakan lapisan tendon mengganggu kelancaran gerakan gelincir tendon yang mengakibatkan rasa nyeri saat menggerakkan jari.

Selain itu kondisi psikologis juga akan terganggu. Pengguna akan merasa bergantung dengan smartphone. Bahkan Menurut penelitian dari Duke University, North Carolina, Amerika Serika, para remaja yang menghabiskan waktu lebih banyak untuk bersentuhan dengan teknologi atau smartphone akan mengalami masalah perilaku dan gejala dari ADHD atau attention-deficit hyperactivity disorder.

Setelah mengetahui bahaya penggunaan smartphone yang berlebihan, kini Anda semakin bijak ya dalam menggunakannya. (*)

Jurnalis: Bella Puspa Ray (MG-67)
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search