TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ekonomi

Yuk Kenali Tingkatan Perusahaan Start Up, Salah Satunya Unicorn

18/02/2019 - 13:43 | Views: 28.66k
Paytren sebagai calon Unicorn baru menyusul empat unicorn lainnya (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Usai Debat Capres putaran ke-2, istilah unicorn menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia. Seperti diketahui, perbincangan unicorn muncul ketika Capres 01 Jokowi bertanya kepada Capres 02 mengenai rencana infrastruktur bagi unicorn Indonesia.

Apa sebenarnya arti unicorn? Apakah hanya ada tingkatan unicorn dalam sebuah perusahaan start up?  Berikut rangkuman TIMES Indonesia dari berbagai sumber mengenai tingkatan atau level perusahaan start up

1. Level Cockroach

Perusahaan yang berada di level cockroach atau kecoa merupakan perusahaan yang baru dirintis, sehingga nilai valuasi yang dimiliki masih sedikit. Pada level ini, pemilik perusahaan akan menarik para investor dengan imbalan obligasi koncersi atau ekuitas kepemilikan.

2. Level Ponies

Level ponies atau kuda poni artinya sebuah perusahaan start up telah memiliki nilai valuasi hingga USD 10 juta atau berkisar Rp 14 miliar. Biasanya para investor tertarik menanamkan modal di perusahaan ini karena berpotensi terus berkembang.

3. Level Centaurs

Perusahaan yang berada di level centaurs atau kuda berkepala manusia merupakan perusahaan yang memiliki nilai valuasi USD 100 juta atau Rp1,40 triliun. Biasanya investor kelas besar yang akan tertarik menaman modal di perusahaan ini.

4. Level Unicorn

Perusahaan dengan level unicorn artinya telah memiliki nilai valuasi sebesar USD 1 milliar atau Rp14 Triliun. Saat ini di Indonesia ada 4 perusahaan yang berada di level unicorn, yakni Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan BukaLapak.

5. Level Decacorn

Level Decacorn merupakan level bagi perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi sebesar USD 10 miliar setara dengan Rp 140 triliun. Pada level ini perusahaan akan semakin sulit mendapatkan investor, karena investor harus memiliki kapasitas dana yang besar.

6. Level Hectocorn

Perusahaan startup yang memiliki level Hectocorn  merupakan perusahaan yang memiliki nilai valuasi sebesar USD 100 miliar atau sekitar Rp 1.400 triliun. Beberapa perusahaan dunia pun yang telah mencapai level Hectocorn, seperti Google, Apple, Microsoft serta Facebook.

Unicorn Indonesia sendiri diprediksi akan terus bertambah seiring dengan iklim digital Indonesia yang terus berkembang. Begitu juga support pemerintah dalam menumbuhkan Unicorn baru. (*)

Jurnalis: Jazilatul Hanip (MG-73)
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search