TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Ini 10 Sekolah di Bondowoso yang Dianggap Paling Peduli Lingkungan Hidup

18/02/2019 - 23:02 | Views: 13.02k
Kesepuluh sekolah di Bondowoso saat mendapatkan penghargaan Adiwiyata yang diberikan langsung oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Ada 10 sekolah di Bondowoso yang dianggap paling peduli lingkungan. Kesepuluh sekolah itu memperoleh penghargaan Adiwiyata dari pemerintah setempat.

Penghargaan Adiwiyata, merupakan penghargaan yang diberikan ke sekolah yang dianggap berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Adapun sepuluh sekolah tersebut, adalah SDIT Kuntum Insan Cemerlang, SDN Dabasah 4, SMP Negeri 3 Bondowoso, SMP Negeri 2 Maesan, SDN Pocogati 1, SDN Curahpoh 1, SDN Tamansari 2, SMP Negeri 1 Grujugan, SMA Negeri 1 Tapen, dan SDN Prajekan Kidul 2.

Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, mengapresiasi pemberiaan penghargaan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) tersebut. Menurutnya, penghargaan itu menjadi edukasi kepada warga sekolah, utamanya pelajar dalam turut menciptakan lingkungan yang bisa memberikan semangat untuk belajar mengajar.

Ujungnya, kata dia, hal itu bisa menjadi faktor untuk meningkatkan mutu pendidikan, karena suasana pendidikan itu bisa nyaman kalau lingkungannya bersih.

“Kalau lingkungan kotor, ya mungkin ogah-ogahan gurunya mengajar, muridnya juga ogah-ogahan. Tapi kalau lingkungan itu nyaman bersih, indah, ini juga akan menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan mutu pendidikan,” katanya.

Hal senada juga diakui Kepala DLHP Bondowoso Sudirman, bahwa pemberian penghargaan tersebut merupakan salah satu upaya untuk memberikan edukasi di bidang-bidang lingkungan kepada generasi muda dan warga sekolah.

“Sebenarnya sudah banyak di Bondowoso yang sudah mendapatkan Adiwiyata di tingkat nasional, SMP Negeri 7 itu. Ada juga Adiwiyata Mandiri, SMK Negeri 1 itu,” akunya.

Dijelaskannnya juga, salah satu tolok ukur sekolah-sekolah tersebut mendapatkan penghargaan tersebut, yakni yang berbudaya lingkungan sehat. Seperti, melakuka kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan dan menjaga kebersihan.

“Nanti dari 10 sekolah itu diseleksi lagi jadi empat sekolah untuk mewakili Bondowoso ke tingkat Provinsi,” paparnya.

Penghargaan Adiwiyata kepada 10 sekolah di Bondowoso yang peduli lingkungan hidup itu, diberikan langsung oleh Wakil Bupati Irwan. (*)

Jurnalis: Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search