TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Yuk, Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini dengan Cara Ini

19/02/2019 - 03:40 | Views: 6.97k
Menabung sejak dini. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenabung adalah kebiasaan positif yang perlu diajarkan sejak anak-anak. Kelak hal ini dapat menjadi kebiasaan untuk menentukan kehidupan dan pencapaiannya dimasa mendatang. Cara mengajarkan anak menabung tentu sangatlah beragam. Hal sederhana pun dapat menumbuhkan minat dan keinginan anak untuk menabung.

Agar anak mudah memahami kegiatan menabung ini, berikut ini langkah yang bisa Anda coba.

1. Memberi pemahaman sederhana tentang uang

Memberikan pemahaman pada anak tentu harus mudah dipahami oleh anak. Memberikannya informasi seputar uang dan penggunaannya secara perlahan akan membuatnya paham tentang uang.

2. Memberi penjelasan manfaat menabung

Dengan memberikan penjelasan sederhana bahwa dengan menabung nantinya dapat membeli robot ataupun boneka yang disukainya anak bisa tertarik untuk menabung.

3. Membiasakan anak mengatur keuangan sendiri

Membiasakan anak dalam mengatur dan menyimpan uang sendiri adalah cara yang tepat untuk mengajarkan anak mandiri untuk urusan keuangan sejak dini. Hal ini bisa juga dilakukan dengan memberi anak jatah uang bulanan. Dengan jumlah uang yang cukup, anak akan belajar untuk mengatur dan menggunakannya dengan sebaik mungkin. Berikan juga penghargaan jika ternyata anak dapat menyisihkan uang bulanannya untuk ditabung.

4. Menghadiahkan celengan lucu

Dengan menghadiahkan celengan dengan bentuk yang lucu dan aman, serta dengan pemahaman yang sebelumnya telah Anda sampaikan. Ia pun nantinya dapat mengetahui fungsi dari celengan dan membuatnya semakin termotivasi untuk mengumpulkan uang yang diperolehnya.

Usia dini adalah masa di mana si kecil belajar banyak hal, termasuk menabung. Dengan mengajarkan anak menabung, ia akan memiliki sikap mandiri, tidak tergantung pada orang lain, tanggung jawab, dan belajar memenuhi kebutuhannya sendiri di kemudian hari. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search