TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Nasional

Fenomena Supermoon, BMKG Ingatkan Potensi Pasang Maksimum Air Laut

19/02/2019 - 15:26 | Views: 14.09k
ILUSTRASI: Supermoon (FOTO: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTABMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) melalui akun instagramnya @infoBMKG menginformasikan bahwa fenomena supermoon diprakirakan akan terjadi pada Selasa (19/2/2019) hari ini.

Seperti diketahui, fenomena Supermoon merupakan fenomena jarak terdekat bulan dengan bumi yang pernah ada (purnama perige). Saat purnama perige terjadi, ukuran bulan akan lebih besar 14 % dan lebih terang 30% dibandingkan purnama apoge.

Diinfokan oleh BMKG, posisi bulan akan berada dalam jarak 363 ribu km dari bumi, sehingga bulan akan terlihat lebih cerah dan lebih besar daripada biasanya.

Bulan akan mulai masuk ke titik perigee (titik terdekat bumi) pada pukul 16.20 WIB dan puncak purnama akan terjadi pada pukul 22.53 WIB.

Selain itu, BMKG juga mengimbau bagi masyarakat yang tinggal di pesisir untuk waspada dan siaga akan adanya pasang maksimum air laut akibat fenomena Supermoon. Pasang maksimum air laut berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktifitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan.

Beberapa wilayah pesisir yang diimbau untuk waspada meliputi:
- Pesisir Utara Jakarta
- Pesisir Utara Jawa Barat
- Pesisir Utara Jawa Tengah
- Pesisir Utara Jawa Timur
- Pesisir Kalimantan Barat. 

BMKG menyatakan, fenomena supermoon diikuti pasang air laut maksimal. (*)

Jurnalis: Jazilatul Hanip (MG-73)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search