TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Bawaslu Magetan: ASN dan Kades yang Terlibat Kampanye Akan Dipidana

19/02/2019 - 21:37 | Views: 17.05k
Bawaslu Magetan sedang memberikan pengarahan kepada ASN dan Kades (FOTO: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Menjelang Pemilu 2019, Bawaslu Magetan, mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepala desa (Kades) untuk menjaga netralitas. Salah satunya, dalam penggunaan media sosial (Medsos) untuk penyebaran informasi yang berbau politik.

"Misalkan melakukan share, meskipun hanya meneruskan, itu bisa saja dinilai menguntungkan salah satu peserta Pemilu," ujar Hendrad Subyakto, Ketua Bawaslu Kabupaten Magetan, Selasa (19/2/2019).

Hendrad menegaskan, keterlibatan ASN maupun kepala desa dalam upaya pemenangan peserta pemilu merupakan hal yang dilarang dalam ketentuan undang-undang. Tentunya, para pelanggar dapat dijerat dengan tindak pidana Pemilu.

"Jika dinilai terbukti, dalam pasal 493 dan pasal 280 ayat 2, para pelanggar akan dipidana kurungan paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp 12 juta," tandasnya. 

Menurutnya, setiap kepala desa atau ASN yang dengan sengaja membuat keputusan serta tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta Pemilu dapat dijerat dengan pasal tersebut. Dalam hal ini, Badan Pengawas Pemilu (Pemilu) tidak akan segan memberikan tindakan tegas terkait temuan yang dinilai telah melanggar ketentuan.

"Ketika Bawaslu menemukan pelanggaran maka nanti akan diteruskan kepada kepolisian untuk penyelidikan, setelah itu dilanjutkan ke pengadilan," terangnya. 

Selain itu, pihaknya berharap kepada ASN dan kepala desa (Kades) dapat menghindari kegiatan yang mengarah terhadap kampanye politik meskipun hanya melalui media sosial (Medsos). Agar, dalam pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang, situasi tetap berjalan dengan aman dan kondusif."Hindari persoalan-persoalan politik," imbuh Ketua Bawaslu Magetan.(*)

Jurnalis: MK Adinugroho Syaifullah
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Magetan
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search