TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ekonomi

Kunjungi Pamekasan, Mentan RI Beri Bantuan Pertanian untuk Madura

19/02/2019 - 22:12 | Views: 8.16k
Mentan RI Andi Amran Sulaiman saat kunjungan kerja di Pamekasan, Pulau Madura, Selasa (19/2/2019). (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASANMentan RI Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (19/2/2019). Di daerah yang berada di Pulau Madura ini, Menteri Amran menyalurkan berbagai bantuan pertanian.

Mentan RI memberikan bantuan bibit jagung untuk Madura. Rinciannya, Pamekasan menjadi 10 ribu hektare (ha), Bangkalan dari 7 ribu ha menjadi 10 ribu ha, Sampang dari 3 ribu ha menjadi 6 ribu ha, dan Sumenep dari 0 ha menjadi 3 ribu ha.

TIMES-Indonesia-Mentan-RI-Pamekasan-3.jpg

Tidak hanya jagung, Mentan RI juga memberikan bantuan ayam buras dari 5 ribu ekor menjadi 10 ribu ekor untuk santri mileneal yang sudah tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Selain itu, Mentan RI juga membagikan bantuan mulai dari benih jagung, benih tanaman hortikultura (sayuran dan bawang merah), sprayer, alsintan (traktor roda 2, cultivator dan sarana pertanian lainnya. 

Bupati yang hadir dalam kunjungan kerja Mentan ini juga mendapatkan bantuan ekskavator untuk pembangunan waduk.

Pada kesempatan itu, Bupati Pamekasan, Badrut Tamam menyampaikan bahwa Madura merupakan salah satu penghasil bibit sapi unggul nasional.

TIMES-Indonesia-Mentan-RI-Pamekasan-2.jpg

Ia berharap pada tahun 2019 bibit unggul dari Madura bisa menyumbangkan 3 persen dari bibit nasional. "Tahun sebelumnya hanya 1,3 persen," ujarnya. 

Madura juga terbilang sukses dengan program Intan Satu Saka yang mampu menyumbang produksi sapi potong sebanyak 32.534 ekor. 

Mentan RI pun mengapresiasi Madura yang telah swasembada jagung untuk wilayahnya sendiri. Sebelumnya, kebutuhan jagung Madura dipenuhi dari impor asal Argentina dan Amerika Serikat.

Kunjungan kerja Mentan RI Andi Amran Sulaiman ke Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura tidak hanya menyalurkan bantuan pertanian, juga dalam rangka temu milenial dan kontes ternak sapi. Turut hadir dalam kunjungan ini, Direktur Polbangtan Malang Bambang Sudarmanto. (*)

Jurnalis: Ferry Agusta Satrio
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search