TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Kelengkeng, Si Kecil yang Kaya Manfaat

20/02/2019 - 13:37 | Views: 38.90k
Buah Kelengkeng. (FOTO: erabaru)

TIMESINDONESIA, MALANG – Siapa yang tidak kenal buah kelengkeng. Buah yang berukuran kecil dan memiliki kulit berwarna kecoklatan ini tidak sulit ditemukan di pasar - pasar buah khususnya di Indonesia. Namun mungkin sedikit yang tahu bahwa manfaat kelengkeng sangat banyak.

Dilansir dari dokter sehat.com ternyata manfaat buah kelengkeng baik untuk tubuh karena kaya akan nutrisi yang menyehatkan. Ini dikarnakan di dalam 100 gram kelengkeng saja kita sudah bisa mendapatkan 1,3 protein, 15 gram karbohidrat, 1,3 gram serat, 84 mg vitamin C, dan 1 mg kalsium.

Yuk kenali manfaat kelengkeng versi TIMES Indonesia

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Buah kelengkeng dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh. Saat mengonsumsi setengah mangkuk kelengkeng kita sudah bisa memenuhi 80 persen asupan harian vitamin C yang cukup untuk penyerapan zat besi pada makanan agar berjalan dengan maksimal, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, dan menyehatkan kulit dari dalam.

2. Anti oksidan
Buah ini tinggi akan kadar antioksidan, maka khasiat kelengkeng akan membuat tubuh lebih baik dalam melawan paparan radikal bebas, penyebab penyakit seperti peradangan kronis, penyakit jantung, hingga kanker.

3. Anti inflamasi
Cangkang, daging buah, dan biji kelengkeng memiliki phytochemical anti-inflamasi seperti asam galat, epikatekin, dan asam ellagic. Senyawa-senyawa ini menghambat produksi bahan kimia pro-inflamasi seperti prostaglandin, histamin, nitrat oksida, dan faktor nekrosis jaringan (TNF) dalam tubuh.

4. Menurunkan berat badan
Buah kelengkeng rendah lemak dan kalori, ini merupakan pilihan sehat bagi anda yang ingin mengurangi lemak dalam tubuh. Manfaat kelengkeng dapat meningkatkan energi, meningkatkan stamina dan mengurangi nafsu makanan, karena buah ini mengandung karbohidrat kompleks. Satu setengah cangkir kelengkeng mengandung hanya 35 kalori yang menjadikannya sebagai makanan yang sehat untuk diet rendah kalori.

5. Mengobati gigitan ular
Biji kelengkeng terbukti dapat mengobati gigitan ular. Caranya dengan menekan biji kelengkeng ke area gigitan ular yang akan menyerap racun dan menyembuhkan bekas gigitan. (*)

Jurnalis: Nur Aini Masruroh (MG-72)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search