TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Ternyata Makanan Ini Sebabkan Bau Badan, Apa Saja?

20/02/2019 - 23:17 | Views: 14.63k
ILUSTRASI: Bau Badan. (FOTO: Faktual)

TIMESINDONESIA, JAKARTABau badan menjadi permasalahan banyak orang, terutama mereka yang memiliki aktivitas padat. Keringat sendiri sebenarnya tidak bau, namun ketika berada di permukaan kulit dan terkombinasi dengan bakteri, keringat berubah menjadi bau.

Selain itu, adapula jenis bau badan yang menyengat. Hal ini disebabkan oleh konsumsi makanan dengan elemen senyawa tertentu yang secara drastis bisa menajamkan aroma keringat.

Berikut rangkuman TIMES Indonesia mengenai makanan yang dapat menyebabkan bau badan

1.  Bawang-bawangan

Bawang putih dan bawang merah kaya akan senyawa belerang. Ketika diserap ke dalam aliran darah, senyawa ini akan kembali keluar melalui paru-paru, sehingga membuat nafas bau. Dan ketika keluar melalui keringat akan menyebabkan bau badan.

2. Daging merah

Seporsi besar daging merah sulit untuk dicerna, sehingga akan menyisakan residu. Residu yang dilepaskan bersama keringat  bercampur dengan bakteri di kulit. Akibatnya, akan menajamkan bau badan.

3. Alkohol

Meminum alkohol akan terserap oleh tubuh dan dicerna menjadi asam asetik, yang kemudian dilepaskan melalui pori-pori kulit. Hal ini menyebabkan bau badan, pada sebagaian orang bau tersebut susah hilang atau melekat meski sudah mandi.

4. Sayuran curciferous

Sayuran curciferous kaya akan potasium, antioksidan, dan belerang. Beberapa sayuran yang tergolong curciferou diantaranya, brokoli, lobak, brussel sprout, dan kembang kol. Kandungan belerang dalam sayuran ini menyebabkan bau badan lebih menyengat.

5.Diet rendah karbohidrat

Ketika tubuh kekurangan asupan karbohidrat, tubuh akan terpaksa memproduksi keton sebagai alternatif. Namun, satu dari tiga keton yang diproduksi tubuh adalah acetone yang menghasilkan bau menyengat.

6. Ikan

Ikan mengandung kolin yang memberinya bau amis.  Ketika dikonsumsi, kolin dapat menimbulkan aroma yang menyengat. Selain itu, beberapa orang tidak bisa mencerna ikan secara tuntas, sehingga mereka jadi berbau amis. Ini karena pelepasan senyawa bernama trimethylamine melalui keringat. 

7. Junk food

Junk food atau makanan cepat saji dipenuhi oleh bahan-bahan yang sudah diproses dan tidak memiliki molekul penting klorofil yang bisa membantu mengusir bau busuk dari tubuh.

Beberapa makanan penyebab bau badan digolongkan ke dalam kelompok makanan sehat, seperti sayuran, daging, dan ikan.

Maka dari itu, untuk menghindari bau badan bukan berarti kita tidak mengkonsumsinya sama sekali. Melainkan membatasi atau memadukan dengan bahan yang bisa menyegarkan bau badan, seperti daun mint dan sirih, serta buah-buahan.

Cara lain mengatasi Bau badan adalah menggunakan deodorant dan perhatikan kebersihan tubuh. (*)

Jurnalis: Jazilatul Hanip (MG-73)
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search