TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Agar Tak Terkontaminasi Bakteri, Ini Tips Mencairkan Ikan Beku yang Tepat

21/02/2019 - 04:47 | Views: 22.09k
Ikan Beku. (FOTO: GearWeAre.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Membekukan ikan segar menjadi pilihan agar ikan bisa disimpan lebih lama. Sebelum diolah ikan beku harus dicairkan terlebih dulu. Mencairkan ikan beku dengan benar akan membantu menjaga rasa dan tekstur ikan tetap bagus seraya juga mencegah ikan terkontaminasi bakteri. Lalu, bagaimana cara mencairkan ikan beku yang tepat?

Berikut ini tiga cara mencairkan ikan beku agar tetap higienis. Apa saja?

1. Membiarkan di dalam kulkas

Ini adalah cara paling aman untuk mencairkan ikan beku. Pindahkan ikan beku dari frezeer dan masukkan ikan dalam wadah bersih, lalu letakkan di bagian dasar kulkas atau berjauhan dari makanan lain untuk mencegah kontaminasi.

Proses ini dapat memakan waktu hingga 24 jam. Jadi, Anda perlu mempersiapkan ikan beku setidaknya sehari sebelum dimasak.

2. Menggunakan air dingin

Metode ini lebih cepat dibandingkan dengan membiarkan ikan di dalam kulkas, tapi Anda perlu cermat dalam melakukannya. Pertama-tama, bungkuslah ikan dalam kantung plastik. Pastikan kantung plastik yang Anda gunakan tidak bocor untuk mencegah bakteri masuk dan merusak ikan.

Masukkan plastik ke dalam wadah berisi air dingin. Gantilah air setiap 30 menit sekali hingga ikan tidak lagi beku.

3. Menggunakan microwave

Untuk mencairkan ikan beku menggunakan microwave, Anda membutuhkan wadah yang aman dan tahan panas. Hindari memanaskan ikan menggunakan wadah styrofoam, karton kemasan, atau bungkus plastik yang bersentuhan langsung dengan ikan.

Masukkan ikan dalam wadah, kemudian tutuplah dengan penutup yang tidak bersentuhan langsung dengan ikan. Metode ini memang mudah dan cepat, tapi hanya disarankan untuk ikan yang akan segera dimasak.

Selain mencairkan ikan beku dengan tepat, Anda juga harus memperhatikan hal lain. Ikan beku yang telah dicairkan seluruhnya harus segera diolah. Jangan memasukkan kembali ikan ke dalam kulkas karena dapat menyebabkan kontaminasi dan meningkatkan risiko keracunan makanan. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search