TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

IPNU-IPPNU Gelar Makesta di Ponpes Al-Azhar Muncar Banyuwangi

21/02/2019 - 10:56 | Views: 19.66k
Makesta IPNU-IPPNU di Ponpes Al-Azhar Muncar (Foto : Rizki Alfian/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Upaya kaderisasi anggota dari Pengurus Anak Cabang (PAC) IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Muncar, Banyuwangi terus dilakukan.

Terbaru, mereka menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Azhar yang berada di Jalan Ompak Songo, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar.

Makesta-2.jpg

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (16-17/2/2019) tersebut diikuti oleh 108 peserta, yang terdiri dari santri dalam dan santri luar Ponpes Al-Azhar. Panitia membagi menjadi dua kelas dengan memisahkan antara putra dan putri.

"Sehari semalam full para santri digodog tentang materi yang telah disiapkan oleh panitia. Muai dari ke-aswaja-an, ke-NU-an, ke-IPNU IPPNU-an, ke-organisasian-an, ke-indonesia-an dan ke-pemimpinan," kata Ketua PAC IPNU Muncar, Mashudi, Kamis (21/2/2019).

Mashudi mengatakan, selain memberikan materi untuk memperkuat pondasi jiwa ke-NU-an para generasi muda, Makesta ini juga sebagai langkah awal untuk membentuk Pimpinan Komisariat (PK) PP Al Azhar Muncar.

Ketua Pengurus Cabang (PC) IPNU Banyuwangi, Fiqri Aditya mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut dia IPNU-IPPNU Muncar harus terus berkomitmen, berbenah dan berusaha menghijaukan Muncar.

"Ini memang tugas berat, tapi kalau kita jalani dengan niat lapang dada dan ikhlas insyallah bakal ringan. Tetap istiqomah dalam belajar, berjuang, dan bertaqwa," ujar Fiqri.

Sementara itu Kiai Abdillah As'ad, selaku Pengasuh PP Al Azhar Muncar, mengapresiasi kegiatan tersebut. Pihaknya meminta kepada para santri untuk tetap berjuang di organisasi NU lewat jalur IPNU IPPNU.

"Kenapa kita harus ber-NU? karena dengan ber-NU kita juga berIslam, karena ber-NU kita juga benegara, karena ber-NU kita juga berbudaya, karena dengan ber-NU lengkap sudah kita. NU adalah satu-satunya organisasi yang dengan lantang mengatakan NKRI harga mati," ungkap Abdillah saat memberikan motivasi kepada para santri.

Acara diakhiri dengan pembaiatan anggota. Dalam kegiatan Makesta tersebut juga dihadiri oleh PC IPNU Banyuwangi, MWC NU Muncar, Banom NU Muncar, serta alumni IPNU Banyuwangi. (*)

Jurnalis: Rizki Alfian
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search