TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Pendidikan

Siswa SD Khadiijah Surabaya Kunjungi Museum Sepuluh November

21/02/2019 - 13:10 | Views: 24.03k
Siswa Siswi SD Khadijah Surabaya mengunjungi Museum Sepuluh November sebagai kegiatan Pembelajaran Luar Kelas ( Kamis 21/02/2019). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Untuk lebih jauh mengenal tentang sejarah Surabaya, Kamis (21/2/2019) pagi tadi, puluhan Siswa kelas V SD Khadijah Surabaya diajak berkunjung ke Museum Sepuluh Nopember Suarabaya.

Kegiatan mereka itu merupakan bagian dari proses Pembelajaran Luar Sekolah (PLS) SD Khadijah Surabaya pada semester 2 yang dilaksanakan satun sekali. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Karmuji mengatakan, para siswa itu diajak keluar sekolah agar mendapatkan pengalaman belajar di tempat lain.

SD-Khadijah-Surabaya2.jpg

"Agar para siswa juga mengenal lebih jauh tentang sejarah kota Surabaya dan sekitarnya dari kunjungan mereka di Museum Sepukuh Nopember Surabaya ini," kata Karmuji.

Di Museum ini, kata Karmuji, para siswa ini diperkenalkan lebih dekat tentang Monumen Tugu Pahlawan misalnya. Sebab museum yang berdiri sejak 10 Nopember 1991 menyajikan banyak edukasi lewat diorama dan film sejarah.

SD-Khadijah-Surabaya3.jpg

"Apalagi pengunjungnya juga bukan hanya berasal dari siswa siswi domestik saja tetapi wisatawan mancanegara juga tertarik. Ini ilmu yang hanya bisa didapat dengan cara pembelajaran luar sekolah," katanya.

Menurutnya ada empat manfaat yang bisa diperoleh dari hasil pembelajaran luar sekolah seperti ini yaitu menambah wawasan anak-anak unruk mengenal sejarah perjuangan yang ada di Surabaya, mengenal jenis-jenis senjata yang digunakan tempo doeloe, siswa bisa membukrikan bahwa sejarah itu benar terjadi, tidak hanya dibuku serta meneladani perjuangan para pahlawan.

Wali kelas V, Taufan menambahkan, pembelajaran luar sekolah bersifat tematik seperti ini diharapkan siswa mendapatkan informasi sejarah kemerdekaan sesuai dengan pembelajaran tematik Kurikulum Nasional 2013 kelas 5.

Lily Martasari, salah seorang siswa kelas 5 SD Khadijah Surabaya juga merasa senang mengikuti PLS seperti ini. "Apalagi saya juga belum pernah ke Museum Sepuluh November," katanya.

Menurut guide pengelola wisata Museum yang menerima siswa siswi SD Khadijah Surabaya pagi tadi, dengan mengunjungi museum ini diharapkan siswa siswi bisa mengenal lebih dekat sejarah kemerdekaan Indonesia, dan menghargai jasa pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan. (*)

Penulis:
Editor : AJP-9 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search