TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Indra Charismiadji: Pemerintah Harus Segera Perbaiki Sistem Pendidikan

21/02/2019 - 13:24 | Views: 9.50k
Pengamat pendidikan, Indra Charismiadji. (FOTO: Edi Junaidi ds/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPengamat pendidikan, Indra Charismiadji sarankan pemerintah merubah sistem pendidikan Indonesia. 

Indra mengatakan, pendidikan saat ini berbasis ilmu pengetahuan yang berujung di lembaran ujian pada akhir semester. Untuk itu, Indra menyarankan segera diganti dengan sistem pendidikan yang lebih mengedepankan nilai-nilai karakter.

Sistem-Pendidikan.jpg

Menurut Indra, yang dimaksud dengan sistem pendidikan karakter adalah tidak lagi menyajikan materi secara baku dengan mengesampingkan kemampuan para siswa menangkap pelajaran tersebut. 

Hal itu disampaikan Indra setelah melakukan sejumlah analisis, dengan membandingkan penerapan sistem pendidikan Indonesia saat ini dengan sistem pendidikan di luar negeri.

"Algoritma saja kalau di luar negeri masih nunggu masuk kampus untuk mempelajarinya," ujar Indra saat mengisi seminar 2019 Principal Gathering di Universitas Bunda Mulia Jakarta, Ancol, Kamis (21/2/2019).

Sistem-Pendidikan-3.jpg

Kepada peserta seminar yang terdiri dari para kepala sekolah se-jabodetabek itu, Indra, mengajak merubah mainset yang selama ini tertanam di lembaga-lembaga pendidikan Indonesia. Untuk mengarahkan para peserta didik menjadi lebih kreatif berani menghadapi tantangan baru.

"Mainset kita saat ini selalu mencari jawaban dan takut mencari salah. Sedangkan kita saat ini dituntut untuk mencari kreativitas dengan mengahadapi masalah," ujar Indra.

Indra berharap, pendidikan Indonesia kedepan semakin lebih baik, lebih maju sehingga bisa mencetak out put siswa yang bersaing di level internasional, "Harapan kita semuanya adalah pendidikan Indonesia tentunya menjadi lebih baik dan maju," tandas Pengamat pendidikan, Indra Charismiadji. (*)

Jurnalis: Edy Junaedi Ds (MG-57)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search