TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Grand Opening Teaching Factory, SMKN 1 Kota Malang Gandeng PT Midi Utama Indonesia Tbk

21/02/2019 - 14:33 | Views: 6.71k
Pemotongan pita peresmian Alfamidi Class oleh Dra. Ema Sumiyati, Msi dan Dra. Zubaidah, MM (FOTO: Rosidatul Hasanah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGSMKN 1 Kota Malang menjalin kerja sama dengan PT Midi Utama Indonesia Tbk untuk menunjang Program Pendidikan Manajemen Ritel. Program ini dipercaya dapat menanamkan ketrampilan yang siswa butuhkan untuk sukses.

Tak hanya itu selain jalin kerja sama dengan PT Midi Utama Indonesia Tbk, SMKN 1 Kota Malang juga menyediakan fasilitas untuk tempat penyaluran keahliannya berupa Cafe yang bernama Tefa Cafe.

Teaching-Factory-3.jpg

Menurut Dra Hj Retno Utami S.pd selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Malang, bukan hanya PT Midi, SMKN 1 Kota Malang juga bekerja sama dengan PT Benih Citra Asia Jember. Bahkan SMKN 1 Kota Malang dipercaya untuk pengadaan produksi bibit tomat.

"Yang mana nanti hasil produksinya akan di tampung oleh PT Benih Citra Asia sendiri," tambahnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (21/2/2019).

Teaching Factory adalah sebuah pembelajaran yang mengajarkan kepada peserta didiknya tidak berupa teori saja, tetapi juga berupa praktik kerja. 

Teaching-Factory-4.jpg

"Dalam menunjang praktik ini pihak sekolah harus mengajarkan standarisasi budaya kerja dalam perindustrian, sehingga jika nanti anak didik yang sudah lulus dan ingin bekerja, bisa diterima dalam kriteria perindustrian," ujarnya.

Teaching factory memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidikan dan tenaga kependidikan melalui interaksi dengan dunia usaha ataupun industri, serta mendorong munculnya perubahan paradigma pembelajaran dan budaya kerja di institusi pendidikan.

"Kami ingin membekali anak didik dengan keterampilan berupa soft skill maupun hard skill, sehingga harapannya ketika mereka lulus sekolah, mereka sudah siap untuk berwirausaha dan siap untuk bekerja secara mandiri," tutup Kepala SMKN 1 Kota Malang usai menjalin kerja sama dengan PT Midi Utama Indonesia Tbk(*)

Jurnalis: Rosidatul Hasanah (MG-71)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search