TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Nasional

Di Rakernas APPSI 2019, Wapres RI Jusuf Kalla Ingatkan Ketertinggalan Teknologi

21/02/2019 - 15:06 | Views: 8.79k
Wapres RI Jusuf Kalla memberi salam kepada para gubernur peserta Rakernas APPSI. Tampak JK menyalami Gubernur Jatim Khofifah. (FOTO: Kiagus Firdaus/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PADANG – Selain mengingatkan terkait posisi gubernur dan pemerintah pusat kepada peserta Rakernas APPSI 2019 di Hotel Grand Inna Padang, Sumatera Barat, Kamis (21/2/2019) pagi, Wapres RI Jusuf Kalla juga berpesan terkait ketertinggalan Indonesia di bidang teknologi.

Kepada 21 gubernur dan 13 wagub dari seluruh Indonesia yang ikut rakernas, Wapres JK mencontohkan betapa teknologi transportasi Indonesia masih tertinggal dengan negara lain. Dia mencontohkan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT).

“Indonesia ketinggalan jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang telah membangun MRT lebih dulu. Kita banyak ketinggalan, karena itu banyak kemajuan yang harus kita majukan. MRT itu dibangun di Jepang sudah 80 tahun. Di bangun di Inggris sudah lebih 150 tahun,’’ ujarnya.

Wapres JK juga menandaskan bahwa Moskow, Rusia, malah sudah lebih dari 100 tahun. Sementara India 10 tahun yang lalu sudah mencapai 300 kilometer.

Ia juga bercerita tentang MRT di DKI Jakarta. Ia bersama Gubernur DKI Anies Baswedan mencoba MRT di DKI. ’’Di DKI sudah punya MRT, namun masih 16 kilometer. Tapi kita bangga luar biasa,’’ ujarnya.

Indonesia, sambung dia, saat ini menargetkan membangun jalur MRT sepanjang 200 kilometer dalam kurun 10 tahun ke depan. Itu dilakukan untuk mengejar ketertinggalan.

"Tujuannya satu, bagaimana kita melayani masyarakat secara baik," tutur Wapres JK.

Kendati begitu, JK mengingatkan bahwa masing-masing provinsi memiliki perbedaan masalah yang dialami. BEgitu pula soal transportasi. "Saya tahu masalah di masing-masing provinsi beda. Namun para substansinya adalah masalah jalan umum. Karena itulah kita perlu bersama-sama berpikir. Antara pusat dan wakil pusat di daerah jalan bersama,’’ tutur Wapres RI Jusuf Kalla di peserta Rakernas APPSI 2019. (*)

Jurnalis: Kiagus Firdaus
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search