TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Kena Proyek Kilang Tuban Bumi Wali, 152 Bangunan dan Rumah Kena Relokasi

21/02/2019 - 15:29 | Views: 8.37k
Projek Koordinator NGGR Tuban, Kadek Ambarajaya (tengah), Kamis, (21/02/2019) (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Sebanyak 152 bangunan dan rumah warga yang berada di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, terancam direlokasi atau pemindahan tempat oleh PT Pertamina (Persero). Rencana pemindahan tersebut dilakukan karena lahan yang ditempati warga masuk dalam salah satu area penetapan lokasi (penlok) pembangunan proyek kilang minyak New Grass Root Refinery (NGRR) di Tuban Buni Wali.

Project Coordinator NGGR Tuban, Kadek Ambarajaya, menyampaikan, dalam pembangunan kilang, ada 152 bangunan dan rumah warga di Desa Wadung yang nantinya akan dipindah.

Selain rumah, lanjutnya, ada sebanyak 8 mushola yang juga akan dipindah. "Semua itu akan kita carikan tempat yang bagus dan lokasinya masih dalam satu desa setempat," tambahnya.

Menurutnya, lahan milik warga yang masuk rencana untuk pembangunan kilang minyak berada di tiga desa di Kecamatan Jenu. Yakni, di Desa Wadung dengan luas lahan sekitar 155 hektar, Sumurgeneng 225 hektar, dan Kaliuntu 1,7 hektar.

Lahan milik warga tersebut berupa ladang dan sawah. "Untuk pemukiman hanya ada di Desa Wadung, selebihnya adalah lahan milik KLHK dan tanah Perhutani," imbuh Kadek.

Untuk menyukseskan pembebasan lahan, Kadek akan melakukan edukasi untuk masyarakat tentang pentingnya pembangunan kilang bagi ketahanan energi Nasional.

Lebih lanjut, Kadek menegaskan, masyarakat terdampak pembangunan kilang harus di muliakan dan diberikan hak-haknya. "Serta diberikan perhatian khusus untuk ikut menjadi bagian dalam mensukseskan pembangunan kilang Tuban ini," tegasnya.

Sebatas diketahui, Pembangunan kilang minyak di Tuban, sampai saat ini masih mendapat perlawanan dari warga setempat. Pasalnya, warga masih bersikukuh menolak dengan tidak akan menjual tanahnya untuk pembangunan kilang.

Namun pihak Pertamina optimis dalam dua tahun pembebasan lahan milik warga di Tuban Buni Wali tersebut akan selesai. Selanjutnya proyek kilang minyak akan segera dibangun. (*)

Jurnalis: Achmad Choirudin (MG-62)
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Tuban
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search