TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Politik

Cawapres KH Ma'ruf Amin Imbau Pendukung Paslon 01 Santun dan Tidak Terprovokasi

11/03/2019 - 16:06 | Views: 17.52k
Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin di Sumatera Utara. (FOTO: Monang Sinaga for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin mengajak pendukung paslon 01 untuk bersikap santun dan tidak terprovokasi oleh kampanye-kampanye yang bisa menimbulkan konflik. Dan juga tidak menggunakan cara-cara hoaks atau pun fitnah. 

Kiai Ma'ruf menjelaskan paslon 01 memilih bergerak dengan lugas untuk meraih simpati masyarakat jelang pencoblosan. Yakni, dengan menyentuh seluruh masyarakat Indonesia dari pelbagai lapisan dan golongan. Namun, juga mengawasi titik-titik mana saja yang elektabilitas dari pasangan calon presiden nomor urut 01 masih kalah dari duet Prabowo-Sandi.

"Kita lebih baik bermain lugas, tidak kepada daerah-daerah tertentu. Kita melakukan serangan ke seluruh wilayah, secara luas. Makanya mengawasi, memperketat, daerah-daerah yang elektabilitasnya belum baik," ujar KH Ma'ruf Amin, kepada media di Mandailing Natal, Sumatera Utara, Senin (11/3/2019)

Abah sapaan akrab KH Ma'ruf tak memungkiri, bahwa pasangan duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin kerap diterpa isu-isu negatif. Bahkan, mengarah ke fitnah hingga berita bohong atau hoaks. Demi menepis isu miring, ucap dia, perlu kerja ekstra dari tim kampanye, relawan, dan para partai politik pendukung.

"Tentu akan kita perkuat. Dalam rangka mengamankan, langkah-langkah defence (bertahan) terhadap daerah-daerah yang dianggap basisnya calon," tambah KH Ma'ruf Amin, yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif terdebut.

Menurut KH Ma'ruf, kunjungan di sejumlah wilayah memang berpotensi ada penolakan. Utamanya, di wilayah dengan basis suara pemilih Prabowo-Sandi. Ia legawa jika mendapat penolakan dari kubu pesaing. "Penolakan itu tidak masalah. Asal caranya santun. Tidak dengan cara yang kasar," tuturnya.

KH Ma'ruf Amin berharap pesta demokrasi berjalan tanpa ada gesekan antarmasyarakat. Untuk itu, dia minta pendukung paslon 01 untuk bersikap santun. "Dengan tidak juga merusak gambar-gambar, pasang saja gambar sebanyak mungkin masing-masing. Tapi jangan gambar yang lain dirusakin. Itu tidak sehat. Saya kira begitu," tandas dia. (*)

Jurnalis: Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search