TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Benarkah Kopi Hijau Bisa Menurunkan Berat Badan?

14/03/2019 - 10:10 | Views: 9.55k
Ilustrasi minum kopi. (FOTO: Healthline)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKopi hijau merupakan kopi yang belum di roasted (dipanggang), sehingga masih mengandung chlorogenic acid. Sebagian orang beranggapan bahwa kopi hijau baik untuk kesehatan bahkan bisa menurunkan berat badan.

Akan tetapi, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Vito A. Damay, SpJP (K), MKes, FIHA,FICA mengatakan, beberapa penelitian memang menunjukkan jika kopi hijau bisa menurunkan berat badan lebih banyak pada seseorang yang diet sambil meminum kopi hijau dibandingkan yang tidak.

"Tapi tentu saja masih butuh penelitian lebih lanjut mengenai kopi hijau ini dan manfaatnya tersebut," ujar dr. Vito kepada TIMES Indonesia, Rabu (13/3/2019).

Selain membantu menurunkan berat badan, kopi hijau juga dipercaya bisa menurunkan tekanan darah.

"Berkebalikan dengan kepercayaan banyak orang bahwa kopi meningkatkan tekanan darah," tukas dokter yang bekerja di Siloam Hospitals Lippo Village Karawaci, Tangerang itu.

Kendati begitu, dr. Vito menyebut jika ilmuwan dan dokter-dokter belum merekomendasikan kopi hijau untuk menurunkan berat badan atau menurunkan tekanan darah. Sehingga lebih baik mengkonsumsi kopi apapun jenisnya dengan jumlah yang masih dalam batas wajar. (*)

Jurnalis: Rahmi Yati Abrar
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search