TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pecinta Gadget

15/03/2019 - 04:27 | Views: 26.75k
Ilustrasi - Tips kesehatan Mata (Foto: shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kesehatan mata tidak boleh diabaikan, terutama bagi Anda pecinta gadget. Tidak hanya mata lelah dan merah, terlalu sering menggunakan gadget bisa mengakibatkan mata minus bahkan infeksi mata yang cukup serius. Berikut ini tips kesehatan yang bisa Anda lakukan agar mata tetap sehat.

1. Sumber cahaya yang cukup

Untuk menjaga kesehatan mata selama beraktivitas dengan gadget, Anda harus memastikan memiliki sumber cahaya yang cukup.

Atur juga sinar dari gadget Anda agar tidak terlalu terang karena dapat mengakibatkan iritasi mata.

2. Jaga jarak pandangan dari gadget

Menjaga jarak pandang dari gadget dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata. Hindari memandang gadget lurus ke depan dengan dekat.

Beri jarak setidaknya 60 hingga 70 centimeter agar mata tidak langsung terpapar sinar dari layar secara langsung dan terlalu dekat.

3. Atur teks pada gadget

Salah satu penyebab kita melihat layar gadget dari jarak yang sangat dekat adalah karena tulisan yang ada pada layar terlalu kecil.

Atur teks pada layar dalam ukuran yang cukup besar dan mudah dibaca dari jarak aman baca, untuk menghindari Anda menatap layar dalam jarak yang sangat dekat.

4. Sering berkedip

Aktivitas dengan gadget biasa membuat mata kita fokus dan rentan kering. Normalnya, jika mata sedang beraktivitas dengan fokus, mata akan lebih jarang berkedip, padahal dengan mengedip mata akan terjaga kelembapannya.

5. Beri waktu istirahat

Salah satu tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga mata tetap sehat selama beraktivitas dengan gadget adalah dengan memberi jeda waktu untuk beristirahat. Setidaknya setiap 30 menit, ubah sudut pandang Anda dengan tidak menatap layar.

6. Siapkan tetes mata

Mata yang sering memandang layar gadget sangat rentan kering dan iritasi. Terutama bagi Anda yang menggunakan lensa kontak, mata semakin rentang kering.

Anda dapat menyiapkan tetes mata dan gunakan setiap kali mata terasa kering untuk tetap menjaga kelembaban mata.

7. Asupan vitamin A yang cukup

Tips kesehatan untuk menjaga mata adalah mencukupi kebutuhan vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata. Bagi Anda yang terbiasa beraktivitas menggunakan gadget, pastikan Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, seperti buah-buahan dan sayuran. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search