TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Jangan Langsung Dibuang, Ini Manfaat Ampas Teh yang Harus Anda Tahu

18/03/2019 - 05:36 | Views: 212.57k
ILUSTRASI: Manfaat Ampas Teh. (FOTO: khasiatsehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ampas teh biasanya selalu berakhir di tempat sampah. Jangan menganggap remeh ampas teh baik teh celup atau teh biasa, karena ternyata ampas teh memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ampas teh bermanfaat untuk berbagai hal seperti kecantikan, kesehatan, bahkan untuk hal lainnya. Apa saja manfaat ampas teh?

1. Melindungi tanaman

Tidak banyak yang tahu bahwa ampas teh ternyata bermanfaat untuk melindungi taman dari serangan jamur. Caranya pun terbilang sederhana. Cukup rebus kembali kantung teh, dinginkan air rebusan sejenak, lalu siram pada pot tanaman.

2. Menetralkan bau tak sedap

Daun teh kering juga ampuh menetralkan bau tak sedap yang sering kamu temui di pojok rumah, dapur, atau tempat-tempat lembab lainnya. Anda juga bisa menghilangkan bau apek pada karpet dengan cara meletakkan beberapa kantung teh kering di atasnya. Setelah itu bersihkan.

3. Menyembuhkan sengatan serangga dan matahari

Ampas teh ternyata juga ampuh untuk menyembuhkan sengatan serangga dan matahari. Anda hanya perlu mengompres luka menggunakan kantung teh yang sudah dicelupkan ke dalam air dingin.

4. Menyehatkan dan menyuburkan rambut

Anda bisa mengatasi masalah rambut dengan ampas teh. Cukup rendam tiga atau empat kantung teh bekas dalam air hangat lalu tuangkan airnya ke kulit kepala. Jangan dibilas. Lakukan cara ini setelah kamu selesai keramas.

5. Menyembuhkan mata lelah

Mata lelah biasanya ditandai dengan lingkaran hitam di sekitar mata atau sering disebut mata panda. Ada cara yang ampuh untuk menyembuhkannya. Ands bisa meletakkan kantung teh bekas dingin di atas mata. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Menghilangkan noda pada kaca dan alat masak

Ternyata ampas teh celup bisa membantu kamu untuk membersihkan perabot rumah tangga dan membersihkan kaca yang telah usang atau berdebu. Caranya sangat mudah, cukup kumpulkan ampas teh kemudian peras airnya, teteskan pada perabot yang akan dibersihkan, kemudian gosok dan bilas. 

7. Mengangkat sel kulit mati

manfaat ampas teh lainnya adalah mengangkat sel kulit mati. Caranya, simpan ampas teh celup yang sudah digunakan, tunggu hingga dingin sambil menyediakan mangkok atau wadah. Setelah itu, sobek atau buka ampas teh tadi kemudian masukkan ke dalam mangkok. Tuang satu sendok makan madu juga tepung beras secukupnya dan aduh hingga rata. Oleskan ke wajah sebagai scrub. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search