TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Wisata

WPS Camp Ground, Destinasi Bersama Keluarga di Alam Liar Banyuwangi

18/03/2019 - 15:18 | Views: 27.04k
Suasana Kemping di Wisata Pinus Songgon, Banyuwangi. (FOTO : Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Wisata Pinus Songgon (WPS) sebuah destinasi yang memiliki fasilitas Camp Ground, kegiatan camping bersama keluarga di luar ruangan yang dilaksanakan pada malam hari. Kegiatan ini pada umumnya dilakukan untuk rekreasi atau refreshing untuk melepaskan rasa stress dan bosan yang berhari-hari tertumpuk.

Yusuf Sugiono, Ketua pengelola WPS mengatakan, destinasi yang dikelolanya juga bisa menikmati keindahan alam secara langsung didepan mata. Aktivitas di WPS sendiri mayoritas dilakukan secara berkelompok baik dari sebuah lembaga, komunitas, sekolah, maupun rekan kerja, dengan menginap di lokasi yang sudah disediakan menggunakan tenda atau barak.

Pramuka-Suasana-Kemping.jpg

"Kita titikkan lokasi camping di area agak luas dikelilingii pohon pinus, dengan kriteria utama tanah yang rata, dekat dengan sumber air, aman, ditambah kalau pagi terkena sinar matahari," kata pak No, sapaan akrab Yusuf Sugiono, Senin (18/3/2019).

Rata-rata, lanjut pak No, banyak pihak perusahaan atau lembaga pemerintahan yang melaksanakan aktivitas berkemah dengan disertai aktivitas outbound team building maupun kegiatan-kegiatan outbound lainnya seperti fun games, mendaki gunung, dan lain sebagainya di WPS.

Pramuka-Suasana-Kemping2.jpg

Adapun lembaga yang paling sering melakukan aktivitas ini adalah lembaga pramuka dengan tujuan umumnya adalah mempererat silaturahmi dan persaudaraan antar sesama anggota.

"Kita lakukan penjagaan di malam hari. Jadi, kita pastikan aman. Hanya gigitan nyamuk saja yang mengancam," akunya.

Sementara itu, menurut Langgeng, salah salah satu pembina Pramuka di salah satu sekolah swasta, di Banyuwangi, pihaknya sudah sering menggunakan camp ground di WPS untuk kegiatan Pramuka anak didiknya. Selain aman karena ada penjagaan di malam hari, juga akses jalannya mudah.

"Kalau di alam liar gini kan murid bisa menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan," pungkas Langgeng.

Sejauh ini, di Banyuwangi sendiri sudah banyak destinasi wisata yang menyediakan fasilitas camp ground dengan karakter tempat masing-masing. Wisata Pinus Songgon (WPS) menjadi salah satu tempat tujuan para wisatawan untuk menghabiskan malam mereka dengan camping hutan bersama keluarga tercinta. (*)

Jurnalis: Agung Sedana
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Banyuwangi
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search