TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Duet Prabowo-Sandi Akan Hapus UN, Pengamat: Akan Jadi Masalah!

18/03/2019 - 17:23 | Views: 181.65k
pengamat komunikasi politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komaruddin (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTADuet Prabowo-Sandi akan menghapuskan ujian nasional (UN) jika terpilih dalam pilpres 2019. Hal itu disampaikan oleh Sandiaga Uno dalam debat pilpres jilid 3, Minggu (17/3/2019) malam.

Menanggapi hal itu, pengamat komunikasi politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komaruddin menilai jika kebijakan itu justru akan menjadi masalah.

"Ini kan repot, jadi jangan sampai kebijakan yang ada sebelumnya dirombak tapi tidak melahirkan solusi yang baik," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Senin (18/3/2019).

Menurut Ujang, jika UN dihapuskan, lantas apa yang akan menjadi ukuran dan standar untuk menaikkan kompetensi seorang pelajar. Padahal selama ini lanjutnya, UN menjadi parameter atau ukuran tingkat kecerdasan atau kelulusan seorang siswa.

"Ada UN saja (mohon maaf) mereka banyak yang memanipulasi, curang, menyontek. Apalagi tidak ada, apa yang akan menjadi ukuran standar. Nah ini yang menjadi persoalan," tukas Ujang.

Seperti diketahui, dalam debat cawapres 2019, cawapres duet Prabowo-Sandi mengatakan akan menghapuskan UN jika menang dalam pemilu 2019. Pada debat pilpres jilid 3 itu menampilkan KH Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno yang beradu gagasan mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial budaya. (*)

Jurnalis: Rahmi Yati Abrar
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search