TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Puluhan eks Karyawan PT Kertas Leces Demo Tuntut Haknya 

19/03/2019 - 13:33 | Views: 81.71k
Aksi eks karyawan PT Kertas Leces menuntut haknya. (FOTO: Happy L. Tuansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Puluhan eks karyawan PT. Kertas Leces, menggelar demo di depan pabrik kertas yang telah tutup, di Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (19/3/2019). Kedatangan puluhan karyawan ini menuntut hak-hak yang belum diberikan oleh pabrik. Sampai pabrik kertas tersebut gulung tikar.

Puluhan karyawan ini mewakili sekitar 1.800 eks karyawan PT. Kertas Leces, yang hingga saat ini belum mendapat pembayaran hak-haknya. Para karyawan ini mengaku kesal, karena hingga empat tahun lamanya tidak ada kejelasan pembayaran hak mereka.

Aksi itu juga dipicu rencana kehadiran perusahaan penanganan aset, (PPA) dari pusat. Eks karyawan yang tergabung dalam serikat pekerja (Sekar) dan paguyuban karyawan (pakar) Kertas Leces menilai, kedatangan PPA di pabrik Kertas Leces hanya akal-akalan saja.

“Agar pabrik yang sudah pailit itu bisa dioperasikan kembali. Padahal masih banyak hak karyawan yang belum terbayar oleh pihak pabrik. Sejauh ini, kami sudah mengetahui, jika hasil penjualan aset yang ada di Jakarta sudah berada di tangan kurator. Namun uangnya belum juga dibagikan pada kami,” terang Asmawi.

Para mantan karyawan ini berharap, nasib mereka didengar oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo. Serta ada campur tangan dari pemerintah, untuk segera membayar hak-hak eks karyawan PT. Kertas Leces, di Probolinggo.

Selama karyawan PT. Kertas Leces menggelar demo, Sabhara Polres Probolinggo melakukan pengamanan ketat. Sebagai langkah antisipasi kemungkinan tindakan anarkis yang bisa saja terjadi. “Kami kerahkan sekitar 2 peleton personel sabhara untuk mengamankan aksi massa ini. lahamdulillah berjalan damai dan kondusif,” ujar Kapolsek Leces, Iptu Ahmad Sugandi. (*)

Jurnalis: Happy L. Tuansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search