TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Ada Kampung Diet Resek di Kabupaten Malang

19/03/2019 - 13:23 | Views: 13.16k
Suasana Kampung Diet Resek merupakan cara kreatif untuk mengatasi masalah sampah (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Warga Dusun Sonotengah, Desa Kebonagung, Kabupaten Malang, memiliki cara unik untuk mengatasi masalah sampah, dengan menjadikan kampung mereka menjadi Kampung Diet Resek.

Keberadaan Kampung Diet Resek binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang tersebut, diresmikan oleh Plt Bupati Malang, M Sanusi, Selasa (19/3/2019)

Kampung Diet Resek itu artinya, masyarakat kampung tersebut memiliki komitmen tinggi untuk meminimalisir pembuangan sampah. Bentuknya yakni dengan mengolah sampah menjadi aneka produk kerajinan tinggi. Seperti mengolah sampah plastik menjadi pot dan vas bunga.

Masih ada berbagai kerajinan lainnya bernilai tinggi yang diciptakan oleh tangan-tangan kreatif masyarakat di Kampung Diet Resek di Kabupaten Malang tersebut.

Kepala DLH Kabupaten Malang Budi Iswoyo memberi apresiasi keberadaan Kampung Diet Resek. "Kampung Diet Resek ini memiliki tujuan mulia untuk mengurangi sampah yang dibuang ke TPA," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Dia menjelaskan, bermula dari tujuan mulia ini masyarakat bertekad untuk mengurangi sampah yang tidak bisa diolah. Kemudian, masyarakat melakukan pemilahan sampah plastik dan kertas yang masih bisa diolah.

"Masyarakat terutama ibu-ibunya kemudian mengolah sampah plastik dan kertas menjadi aneka kerajinan," terangnya.

Budi Iswoyo menambahkan, kemudian, hasil kerajinan masyarakat ditampilan untuk hiasan kampung.

Aneka kerajinan sebagai hiasan kampung itu meliputi pot bunga dari plastik, pipa untuk tanaman hidroponik dan juga berbagai hiasan menarik lain dari plastik.

"Tentunya kami lakukan pembinaan kepada kampung Diet Resek ini supaya terus berkembang," tuturnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang ini melanjutkan, bentuk pembinaan yang dilakukan yakni memberikan pelatihan kepada masyarakat. Selain itu juga, pihaknya memberikan bantuan pendukungnya.

"Seperti tadi ada permintaan bantuan pengembangan perluasan TPST tentunya akan kami upayakan," kata mantan Kepala ESDM Kabupaten Malang tersebut

Selanjutnya dia berharap desa lainnya di Kabupaten Malang meniru upaya yang dilakukan Kampung Diet Resek ini dalam mengatasi permasalahan sampah dan pelestarian lingkungan. (*)

Jurnalis: Binar Gumilang
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search