TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Kodim 0818 Malang-Batu Gelar Seminar Katpuan Komsos bagi Babinsa

19/03/2019 - 14:29 | Views: 10.77k
Kasdim 0818 membuka Kegiatan Katpuan KOMSOS bagi Babinsa. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKodim 0818 Malang-Batu menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial (Katpuan Komsos) kepada prajurit TNI AD TA. 2019 yang di selenggarakan oleh Staf Teritorial Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu.

Kegiatan inidiikuti oleh 100 orang Babinsa dan para Danramil jajaran dengan bertempat di Aula Balai Penelitian Aneka Tanaman Kacang dan Umbi ( BALITKABI ) di Jln. Raya Kendalpayak 66, Dusun Segaran, Desa Kendalpayak, Kec. Pakisaji, Kab. Malang, Selasa (19/03/19).

Kodim-Pemberian-Apresiasi.jpg

Pemberian Apresiasi kepada Babinsa Berprestasi di wilayahnya oleh Kasdim 0818. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia) 

Kegiatan ini yang mengangkat tema "Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial Bagi Aparat Teritorial, Kita Wujudkan Ketahanan Wilayah dan Profesionalisme Prajurit Dalam Menghadapi Pilpres, Pemilu Legislatif dan Ancaman Nirmiliter (Khususnya Berita Hoaks) di Wilayah NKRI" tersebut, dibuka oleh Kepala Staf Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu Mayor Inf Teguh Prastowo.

Menurut Kasdim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu Mayor Inf Teguh Prastowo mewakili Dandim 0818/ Wil/ Kab. Malang-Batu, Letkol Inf Ferry Muzawwad S.I.P kegiatan ini terselenggara untuk meningkatkan pengetahuan bagi para Babinsa jajaran Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu dalam berkomunikasi sosial dengan segenap komponen bangsa.

"Tujuannya para Babinsa akan memiliki kemampuan untuk memberikan pemahaman kepada komponen bangsa tentang tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat guna mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat," ujar Kasdim.

Kodim-Penyampaian-materi.jpg

Penyampaian materi Oleh Pemateri pada Kegiatan Katpuan KOMSOS bagi Babinsa. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Untuk itu, lanjutnya, kemampuan Komsos merupakan rohnya Binter (Pembinanan Teritorial) yang mutlak harus dimiliki oleh setiap prajurit dalam rangka mengambil hati masyarakat binaannya. "Keberhasilan Binter sangat bergantung pada keberhasilan dalam melaksanakan komunikasi sosial," jelasnya.

Ia berharap Babinsa mengerti dan paham tentang kebijakan-kebijakan bidang teritorial yang sudah di atur dalam Doktrin Teritorial dari satuan atas. "Sehingga dapat mengaplikasikan secara benar dalam berkomunikasi dengan semua komponen bangsa yang berada di wilayah tanggung jawabnya," pintanya.

Selain itu, Dandim juga menegaskan kepada seluruh Babinsa di jajarannya untuk tetap menjunjung tinggi Netralitas TNI dalam Pilpres dan pemilu Legeslatif mendatang yang tinggal beberapa hari lagi.

"Netralitas TNI harus mampu kita wujudkan dengan tidak mendukung secara langsung maupun tidak langsung kepada siapapun yang ikut dalam pelaksanaan Pemilu maupun Pilpres 2019," tegasnya.

Disela-sela kegiatan Kasdim 0818 Mayor Inf Teguh Prastowo memberikan Apresiasi berupa pemberian Cenderamata kepada Babinsa Berprestasi di wilayahnya yang telah sukses mengayomi warga binaannya, sehingga akan menjadi contoh bagi Babinsa lainnya yang telah Berprestasi di tingkat Kodam V/ Brawijaya.

Beberapa materi juga disampaikan oleh pemateri antara lain materi pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI AD di bidang teritorial. Dalam mengantisipasi perkembangan global, perlu meningkatkan cegah dini dan deteksi dini, lapor cepat dan juga meningkatkan 5 Kemampuan Teritorial sebagai bekal aparat kewilayahan dalam melaksanakan tugas demi mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. (*)

Penulis: Yeremia (CR-084)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search