TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Nasional

Wakil Walikota Pasuruan Hadiri Puncak Peringatan Hari konsumen Nasional

22/03/2019 - 08:15 | Views: 11.68k
(FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional (HARKONAS)  ke-7 Tahun 2019 dilaksanakan pada hari Rabu (20/3/2019) di Halaman Gedung Sate Pemerintah Propinsi Jawa Barat. Puncak kegiatan tersebut ditandai dengan dilakukannya penandatanganan sebanyak 251 prasasti Unit Metrologi Legal oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita, yang sekaligus memecahkan Rekor Muri Indonesia. Wakil Walikota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, ST berkesempatan mendampingi penandatanganan prasasti tersebut.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang menyampaikan sambutan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, "kita tidak usah takut kepada produk - produk dari luar negeri, karena produk kita sendiri bisa dipertanggungjawabkan. Disamping itu segala keluhan konsumen harus ditindak lanjuti dengan baik, karena tuntutan konsumen mendorong produsen untuk meningkatkan hasil produksi. Jika ekonomi meningkat maka perlindungan konsumen juga semakin meningkat. Untuk itu, diharapkan konsumen mempunyai kriteria lebih dinamis serta konsumen harus diberdayakan," ujar Enggartiasto Lukito. Dalam kesempatan itu Menteri Perdagangan juga menyerahkan penghargaan kepada 6 Propinsi terbaik peduli perlindungan konsumen.

Enggartiasto-Lukita2.jpg

Sebelum puncak peringatan HARKONAS, terlebih dulu digelar pameran yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga (PKTN), Kementerian Perdagangan, bekerjasama dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Di lapangan Gasibu-Bandung dengan mengambil tema Edukasi Konsumen. Pameran yang dibuka oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu berlangsung mulai Selasa (19/3) hingga Rabu (20/3/2019).

Pasuruan-Raharto-Teno-Prasetyo.jpg

Wakil Walikota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, ST juga turut hadir dalam pameran tersebut, dengan didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan H. Mualif Arif, S.Sos, MM. "Peserta pameran berasal dari Pemerintah/Lembaga dan pelaku usaha berdasarkan sektor dalam Strategi Nasional Perlindungan Konsumen (Stranas PK). Sedangkan Booth pameran tersedia sebanyak 90 (sembilan puluh) yang terdiri dari 60 (enam puluh) booth berupa pelayanan pengaduan konsumen dan 30 (tiga puluh) booth berupa produk unggulan UMKM yang tersebar di wilayah Jawa Barat," terang Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI Veri Anggrijono.

Sementara, Gubernur Jawa Barat Mohammad Ridwan Kamil dalam sambutannya mengharapkan, supaya konsumen Indonesia berdaya, agar kehidupan ekonomi adil, baik yang memproduksi dan mengkonsumsi. Konsumen sebagai pembeli haknya harus diperhatikan. Sehingga konsumen Indonesia akan semakin cerdas dan berdaya sesuai dengan tema  HARKONAS  tahun ini "Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya". (*)

Penulis: Diskominfo Kab Pasuruan (CR-119)
Editor : AJP-8 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search