TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Polres Banyuwangi Kerahkan Semua Unit di Jalanan, Ada Apa?

22/03/2019 - 12:26 | Views: 20.58k
Drama Simulasi Bentuk Pengamanan Polres Banyuwangi pada Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang, di jalan depan Pendopo Banyuwangi. (FOTO : Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Jumat (22/3/2019), sekitar pukul 09.00 pagi, Polres Banyuwangi menurunkan semua unit di jalanan di depan Pendopo Banyuwangi. Polisi juga menurunkan kendaraan water canon dan semua kendaraan pengamanan lainnya, termasuk anjing polisi dan seluruh satuan pengamanan.

Hal tersebut merupakan bagian dari drama simulasi Polres Banyuwangi dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2019 pada 17 April mendatang.

Gladi lapang simulasi pengamanan pemilu tersebut, dirangkai dengan sebuah drama yang menyajikan adegan ricuh massa yang merasa tidak puas dengan hasil suara pemilu.

Simulasi-Pemilu-Serentak2.jpg

"KPU curang, KPU tidak adil," teriak aktor dari drama simulasi tersebut.

Dipimpin langsung Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, simulasi ini diikuti personel gabungan TNI AD/AL, Polri, dan Satpol PP.

"Ini merupakan Apel simulasi pengamanan, penyelenggaraan, kesiapan Pam Pemilu yang dilakukan secara serentak Nasional, " pungkas Kapolres Banyuwangi.

Jumlah personel, lanjut Kapolres, secara keseluruhan yang akan disiapkan sejumlah 11.536 personel untuk mengamankan Pemilu pada 17 april 2019 mendatang, dimana Linmas yang paling banyak, yaitu sejumlah 10.240 personel, dan sisanya adalah jumlah Polri dan TNI.

Simulasi-Pemilu-Serentak3.jpg

Menurutnya, gladi lapang ini bertujuan untuk menyamakan persepsi pelaksanaan pengamanan dan juga meningkatkan profesionalisme para petugas pengaman. Kepolisian Banyuwangi mengkategorikan ada 205 TPS rawan, sedangkan kategori sangat rawan ada 7 TPS.

"Sementara ini untuk kategori 7 TPS sangat rawan kita klarifikasikan dari letak geografis, yakni 3 di lapas, 3 lagi di Songgon dan 1 di Kalipuro," ungkap Kapolres Taufik.

Dalam simulasi yang digelar Kepolisian Polres Banyuwangi dalam rangka pengamanan pemilu tersebut, digambarkan jalannya helatan pemilu, mulai dari tahapan kampanye, masa tenang, pengamanan hari pencoblosan sampai pengumuman hasil Pemilu oleh KPU. (*)

Jurnalis: Agung Sedana (MG-61)
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Banyuwangi
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search