TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Pilihan Sayuran Sehat untuk Mengatasi Gula Darah Tinggi

23/03/2019 - 06:11 | Views: 23.54k
ILUSTRASI - Mengonsumsi Sayuran, diperankan oleh Monica dari Red Model Agency. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGula darah tinggi sering dikaitkan dengan risiko diabetes. Gangguan kesehatan ini bukan harus segera diatasi agar tidak menimbulkan efek buruk lainnya. Karena itu, kita sebaiknya rutin mengonsumsi makanan yang bisa menjaga atau menurunkan kadar gula darah. Salah satunya adalah dengan konsumsi sayuran sehat.

Sayuran yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah bisanya adalah yang memiliki indeks glikemik rendah sekaligus kaya akan kandungan serat. Dilansir dari Dokter Sehat, berikut adalah beberapa jenis sayuran yang bisa menurunkan kadar gula darah dengan efektif.

1. Pare

Sayuran dengan rasa pahit ini cukup digemari masyarakat Indonesia karena diyakini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Pakar kesehatan menyebut kandungan di dalam pare layaknya karoten serta momocidin memiliki kemampuan untuk membuat tubuh menurunkan kadar gula darah pada orang sehat dan mereka yang menderita diabetes.

2. Bayam

Bayam tinggi kandungan beta karoten, vitamin C, dan polifenol. Kandungan ini bisa berperan layaknya antioksidan yang mencegah terbentuknya radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh, termasuk sel pankreas yang berpengaruh besar pada hormon insulin, hormon yang mengendalikan kadar gula darah.

Jika sampai tubuh memproduksi insulin dengan lebih baik, maka kadar gula darah diharapkan akan bisa dikendalilkan. Bayam juga tinggi kandungan magnesium yang bisa memperbaiki sensitivitas insulin tubuh.

Kandungan sehat lain di dalam bayam adalah asam lemak tak jenuh linolenic acid. Asam lemak ini juga mampu membuat sensitivitas insulin tubuh menjadi semakin membaik. Karena alasan ini pulalah bayam termasuk dalam sayuran yang paling direkomendasikan bagi penderita diabetes.

3. Mentimun

Mentimun termasuk dalam sayuran dengan indeks glikemik yang rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Mentimun juga mengandung vitamin C, beta karoten, mangan, dan flavonoid yang bisa berperan sebagai antioksidan.

Berbagai kandungan ini akan mampu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel pankreas. Dengan pankreas yang sehat, hormon insulin bisa diproduksi dengan baik sehingga kadar gula darah pun bisa dikendalikan.

4. Terong

Terong yang dimasak bersama dengan kulitnya ternyata tinggi kandungan antioksidan bernama anthocyanin. Antioksidan ini bisa menjaga kesehatan sel beta pankreas yang memiliki peran dalam memproduksi hormon insulin. Kandungan antioksidan ini juga mampu mengatasi kerusakan yang terjadi pada jaringan perifer yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi.

5. Brokoli

Kandungan sulforaphane di dalam brokoli bisa membantu tubuh mengendalikan kadar gula darah sekaligus melindungi pembuluh darah dari risiko terkena penyakit berbahaya. Senyawa ini juga bisa membantu mencegah datangnya kanker dan tumor.

Berbagai sayuran sehat di atas mudah didapatkan dan bisa diolah menjadi makanan enak. Selain menggunakan obat, kini Anda bisa mengatasi gula darah tinggi dengan konsumsi sayuran tersebut. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Dokter Sehat
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search