TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gawainesia

Gitar Ukir Karya I Wayan Tuges Raih Sertifikat Hak Paten

12/04/2019 - 14:02 | Views: 19.76k
I Wayan Tuges membawa gitar ukir Blueberry Barong karyanya. (FOTO: I Wayan Tuges for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BALIGitar ukir karya I Wayan Tuges meraih sertifikat hak paten atau hak atas kekayaan intelektual (HAKI) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Gitar karya seniman Bali ini dinamai Blueberry Barong.

Kepada TIMES Indonesia, Wayan Tuges menceritakan awal gitarnya mendapat sertifikasi paten tersebut. Sekitar dua pekan lalu, ia kedatangan tamu, Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Kemenkumham RI, Molan Karim Tarigan.

"Beliau sangat tertarik dengan desain gitar saya dan menyuruh saya mendapat hak paten," ujar Wayan Tuges, Kamis (11/4/2019).

Wayan menuturkan, proses pengurusan hak paten atas gitarnya difasilitasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

"Beberapa hari saya di Jakarta, untuk melengkapi persyaratan. Saya dihubungi oleh Bekraf untuk kirim persyaratan yang diperlukan," tuturnya.

Setelah proses pengurusan selama beberapa waktu, Wayan kembali diundang ke Jakarta untuk menerima sertifikat HAKI dari Kemenkumham RI.

Wayan Tuges mengaku bangga karya anak bangsa mendapat apresiasi dari pemerintah. "Saya merasa sangat tersanjung dan bangga sekali karena Bekraf dan Kumham (Kemenkumham RI) sangat mengapresiasi karya saya," tuturnya.

Gitar ukir karya Wayan Tuges diapresiasi banyak musisi, bahkan kelas dunia. Band indie Walk off The Earth menggunakan gitar karya Wayan Tuges dalam video klipnya. Aksi band indie ini telah ditonton puluhan juta kali. Belum lagi di aplikasi medsos atau platform musik lainnya.

Gitar karyanya pun di merambah ke pasar dunia. "Baru saja terjual ke Inggris, Australia, Amerika," ucapnya.

Wayan memiliki sejumlah desain gitar, selain Blueberry Barong. "Desain barong itu sudah saya buat beberapa biji," imbuhnya.

Menyinggung filosofi gitar Blueberry Barong, Wayan Tuges menceritakan bahwa sosok Barong dan Rangda sangat dikenal oleh masyarakat Hindu Bali.

Di Bali, simbol Barong dan Rangda itu melambangkan antara kebaikan dan keburukan. "Baik dan jahat berperang dan pada akhirnya yang menang adalah kebajikan," terang Wayan.

Seniman I Wayan Tuges berharap karya-karya anak bangsa terus diapresiasi, seperti gitar ukir Blueberry Barong karyanya yang telah mendapat sertifikat hak paten. (*)

Blueberry-Barong-Wayan-Tuges-3.jpg Blueberry-Barong-Wayan-Tuges-2.jpg

Jurnalis: Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bali
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search