TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

BBPP Batu Siapkan Generasi Milenial Dalam Usaha Peternakan Ayam Petelur Omega-3

15/04/2019 - 09:20 | Views: 14.34k
(FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUBBPP Batu kembali menggelar Pelatihan Vokasi Ayam Petelur. Pelatihan ini diselengarakan selama 7 hari (9-15 April 2019).

Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta generasi milenial dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan Jawa Tenah. Seperti Pati, Blitar, Bangkalan, Rembang, Bojonegoro, Tulungagung, Tuban, Malang, Sampang, Batu, dan Kediri.

Pararto Wicaksono, S.Pt, M. Si widyaiswara BBPP Batu menjelaskan dalam kegiatan ini peserta memperoleh materi dan pemahaman antara lain tentang memformulasi pakan ayam petelu Omega -3, membentuk pullet, mengendalikan penyakit, membangun jejaring kerja dan pemasaran serta menganalisis nilai tambah telur omega 3.

Usaha-Peternakan-Ayam-Petelur2.jpg

"Salah satu bentuk metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah kegiatan outing class yaitu mengadakan kegiatan Kunjungan Lapang ke lokasi pelaku usaha yang sudah berhasil di wilayah Kabupaten Blitar," ungkap Pararto.

Antusias peserta terlihat ketika mereka memperoleh materi tentang bagaimana cara memformulasi pakan ayam petelur omega-3.  

Pemilik Poultry Shop Rosa Blitar, Nugroho menjadi nara sumber dalam pelatihan ini. Dalam paparannya ia mengungkapkan apapun bentuk formulasinya yang penting adalah kualitas bahan pakannya. "Itu yang paling utama," tegasnya.

Gayung pun bersambung, karena para peserta generasi milenial ini juga mempunyai latar belakang usaha peternakan juga yaitu peternakan unggas ayam petelur, dikuti juga oleh mahasiswa dari fakultas peternakan yang interest terhadap dunia peternakan khususnya unggas ayam petelur walaupun masih pemula bahkan yang fresh graduate pun juga aktif dalam mengikuti pelatihan.

Usaha-Peternakan-Ayam-Petelur3.jpg

Kegiatan terus berlanjut saat di BBPP Batu. Fasilitator BBPP Batu, Ir. Bambang Edy Santoso, MP memaparkan tentang penyusunan pakan ayam petelur. Metode yang digunakan tidak hanya klasikal di kelas tetapi juga langsung praktek di Divisi Pakan dan Nutrisi BBPP Batu.

"Harapan ke depan bahwa generasi milenial ini mampu menjadi agripreneur muda di bidang yang ditekuninya yaitu ayam petelur dengan produk telur omega-3," terang Bambang.

Ditambahkan lagi, tetap semangat dalam berhijrah menjadi generasi yang tak kenal putus asa di tengah-tengah kondisi situasi yang penuh dengan tantangan, persaingan ketat dalam menciptakan peluang kerja yang produktif.

BBPP Batu berharap kegiatan ini dapat mencetak peternak dari generasi milenial. (*)

Penulis: Pararto Wicaksono (CR-102)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search