TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Politik

Soal Kecurangan Pemilu di Malaysia, Perludem: Harus Lakukan Evaluasi 

15/04/2019 - 21:03 | Views: 7.84k
Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi ( Perludem), Titi Anggraini (foto: Edi Junaidi ds/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini mengimbau, para penyelenggara pemilu baik dalam negeri maupun di luar negeri segera melakukan evaluasi atas kejadian kecurangan pemilu yang baru saja terjadi di Malaysia.

Menurutnya, jangan sampai hak-hak rakyat menjadi tidak terpenuhi hanya gara-gara kelalaian penyelenggara pemilu yang kurang antisipatif terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi saat pencoblosan.

Ditegaskan Anggraini, bahwa jangan sampai hanya karena kelalaian para penyelenggara pemilu tersebut para warga negara yang sudah memiliki hak pilih dan segala surat-suratnya sudah lengkap, tidak dapat melakukan pencoblosan hanya karena persoalan teknis yang belum selesai. 

"Di luar negeri menurut saya harus dievaluasi sehingga kemudian bisa diketahui akar masalahnya dimana. Jangan sampai bahwa kemudian ada pemilih yang tercederai hak pilihnya padahal dia sudah berhak dan sudah mematuhi semua prosedur yang ada," tutur Titi Anggraini saat ditemui TIMES Indonesia di Ammarin Restauran, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2019).

Kemudian, Anggraini juga menegaskan bahwa keseriusan para penyelenggara pemilu betul-betul dipertaruhkan dalam detik-detik pencoblosan ini. Mengingat gemuruh protes masyarakat jika kemungkinan terjadi kecurangan .

"Ya makanya Perludem menyarankan segera evaluasi atas pemilu luar negeri harus segera dilakukan dan harus ada rekomendasi yang sesuai dari tempat kejadian perkara seperti apa kejadiannya. Agar bisa dijadikan contoh antisipatif di dalam negeri yang tinggal menghitung hari," tegasnya.(*)

Jurnalis: Edy Junaedi Ds (MG-57)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search