TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Nasional

Ini Peran Media Massa Pasca Pemilu 2019

22/04/2019 - 21:28 | Views: 27.25k
Direktur Eksekutif IPI, Karyono Wibowo (satu dari kanan) dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019). Foto: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTAMedia massa sangat berperan penting dalam perkembangan demokrasi Indonesia, terlebih usai perhelatan Pemilu 2019. Selain memberikan informasi, media massa diharapkan bisa menjadi lembaga pendidik bagi masyarakat luas.

"Kita kembalikan media massa untuk memberikan instrumen mendidik masyarakat dalam bingkai pluralitas, bukan sebaliknya, menjadi instrumen pemecah belah," kata Sekjen Ikatan Pesantren Indonesia, Abdul Fatah dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengatakan, pers memiliki peran yang sangat strategis. Posisinya sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

"Pers harus memberitakan sesuatu yang tidak hanya tepat, akurat, tapi juga bisa menambah ilmu pengetahuan masyarakat," tukasnya.

Lebih lanjut Karyono menyebut media memiliki social responsibility. Di mana kata dia, ada dua hal yang harus dilakukan pers. Yakni, berperan menjaga ketertiban, keamanan dan ketentraman, serta yang paling penting adalah menyelamatkan demokrasi, dan kebebasan pers.

"Karena belakangan ini ada upaya, selain ajakan tidak percaya quick count, ada juga pihak yang menggiring untuk tidak mempercayai media mainstream," ungkapnya.

Di sisi lain, pasca Pemilu 2019 ini, dirinya berharap para elite politik dapat memberikan sikap kenegarawanan, memberikan contoh kepada masyarakat. "Kalau mereka bisa berdamai, Insyaallah di bawah (masyarakat) mengikutinya," tandasnya. (*)

Jurnalis: Rahmi Yati Abrar
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search