TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Polda Kepri Amankan DPO Republik Ceko di Pelabuhan Ferry Batam Center

24/04/2019 - 22:17 | Views: 8.44k
Buronan, Novak Jakub di periksa polisi polda kepri

TIMESINDONESIA, BATAM – Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri (Divhubinter) dan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepulauan Riau (Polda Kepri) berhasil mengamankan seorang warga negara asing asal Republik Ceko, Novak Jakub pada hari Rabu (24/4/2019) di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center.

Penangkapan WNA asal Republik Ceko tersebut berdasarkan Red Notice Control No: A-11253/10-2018 atas permintaan pemerintah Republik Ceko.

Menurut Kabid Humas Polda Kepri, Kombes S. Erlangga mengatakan sebelumnya sudah ada koordinasi dengan petugas imigrasi Pelabuhan Batam terkait masuknya buronan negara Republik Ceko tersebut lewat Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center.

"Begitu kita mendapatkan informasi dari petugas imigrasi Pelabuhan Ferry Batam Center, tim dari Ditreskrimum langsung bergerak cepat menangkap buronan atas nama Novak Jakub asal Republik Ceko," ujar Kombes Erlangga.

Saat diamankan Novak Jakub sempat bersitegang dengan petugas terkait penahanannya, namun petugas menunjukan sejumlah surat red notice, hingga Novak tidak melawan.

Kemudian DPO asal Republik Ceko ini dibawa ke markas Polda Kepri untuk dilakukan penahanan dan pemeriksaan seperlunya sambil menunggu permintaan ekstradisi dari negara asal (Republik Ceko_red) selama 20 hari ke depan.

Dari tangan buronan ini petugas imigrasi dan kepolisian mengamankan satu paspor yang dikeluarkan oleh Republik Ceko atas nama Novak Jakub, dengan nomor paspor 41446390.

Sementara saat disinggung terkait isi surat Red Notice yang diterima Mabes Polri, Kabid Humas Polda Kepri tidak menjelaskan atas kasus apa yang diperbuat buronan WNA Republik Ceko. "Prinsipnya petugas menangkap buronan hanya berdasarkan Red Notice interpol," kata Erlangga. (*)

Jurnalis: Agus Siswanto (MG-79)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batam
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search