TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Awas! Ini Akibatnya Makan Sahur Terburu-buru

16/05/2019 - 06:16 | Views: 8.17k
Ilustrasi. (foto: https://gobekasi.pojoksatu.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMakan sahur terlalu dekat dengan waktu imsak ternyata bisa berbahaya bagi perut Anda. Jika waktu imsak sudah mepet, Anda harus makan terburu-buru. Akibatnya, makanan tidak bisa dicerna dengan baik. Berikut ini gangguan kesehatan yang bisa Anda alami jika makan buru-buru saat sahur di bulan Ramadhan.

1. Meningkatkan berat badan

Makan buru-buru bisa meningkatkan berat badan. Soalnya jika makanan tidak dikunyah dengan baik, efeknya bikin cepat lapar. Akhirnya makanan tidak terserap dengan baik oleh tubuh. Padahal, harusnya makanan dikunyah sekitar 32 kali.

2. Membuat perut kembung

Selain itu, makan terlalu cepat juga bisa membuat perut kembung karena meningkatkan produksi gas. Itu karena saat makan terlalu cepat, udara mudah masuk. Jadinya, perut Anda seperti terisi udara yang membuat tidak enak untuk beraktivitas seharian.

3. Meningkatkan asam lambung

Makan buru-buru saat sahur juga bisa membuat Anda mengalami gangguan asam lambung juga. Ini karena sejumlah besar makanan yang masuk ke lambung dalam waktu cepat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Hal ini akan menimbulkan keluhan nyeri ulu hati, dada terasa seperti terbakar, atau kram perut.

3. Tersedak

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Dietetic Association mengungkapkan bahwa orang yang makan terlalu cepat memiliki risiko tersedak. Ditakutkan, tersedak bisa membuat jalur napas Anda tertutup. Kondisi ini dapat mengancam nyawa Anda.

4. Diabetes

Makan terlalu cepat bisa membuat Anda cenderung tidak puas terhadap apa yang dimakan. Setelah makan selesai, Anda akan mencari makanan yang lain lagi untuk dikonsumsi. Hal ini, selain meningkatkan risiko obesitas, juga bisa memicu masalah diabetes.

5. Sariawan

Saat Anda makan terlalu cepat, risiko lidah atau bibir Anda tergigit sangat besar. Bila itu terjadi, sariawan tidak bisa lagi dihindari.

Lebih baik Anda makan sahur jangan mepet waktu imsak. Cobalah untuk bangun lebih awal saat hendak sahur, sehingga Anda tidak perlu makan buru-buru yang kemudian justru dapat membahayakan kesehatan perut Anda. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search