TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Wah, Buah Sehat Ini Bisa Meningaktkan Energi di Bulan Ramadhan

22/05/2019 - 04:37 | Views: 7.84k
Ilustrasi. (https://citraindonesia.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meski sedang menjalankan puasa Ramadhan, Anda harus tetap memperhatikan asupan makanan. Selain sayuran dan lauk, Anda juga tak boleh meninggalkan konsumsi buah. Ada beberapa jenis buah yang bisa meningkatkan stamina dan cocok dikonsumsi sebagai menu buka puasa. Apa saja buah sehat tersebut?

1. Pisang

Salah satu buah yang paling bisa bikin kenyang sekaligus mengisi ulang energi adalah pisang. Buah ini relatif rendah kalori, tetapi kaya akan antioksidan, karbohidrat sehat, kalium, dan vitamin B6. Kombinasi semuanya itu cocok untuk meningkatkan stamina.

2. Apel

Apel bisa jadi sumber karbohidrat dan serat yang tak kalah baiknya. Apel berukuran sedang dengan berat 185 gram mengandung setidaknya 25 gram karbohidrat, 19 gram gula, dan 4 gram serat.

Buah bertekstur renyah ini mengandung gula alami yang cukup banyak, maka konsumsinya efektif untuk mengganti energi yang hilang saat puasa. Cara paling baik konsumsi apel adalah dengan memakannya utuh.

3. Alpukat

Ada lagi buah yang mengenyangkan sekaligus bisa mengusir rasa lemas, yaitu alpukat. Buah yang satu ini kaya akan lemak sehat. Bahkan, 84 persen lemak sehatnya berasal dari asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang keduanya sudah terbukti mampu meningkatkan kadar lemak baik sekaligus memaksimalkan penyerapan nutrisi tubuh.

Tak hanya bisa diandalkan untuk mengembalikan energi yang sempat lenyap, alpukat yang mengandung banyak serat ini juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

4. Bit

Dilansir dari Healthline, bit dapat meningkatkan aliran darah karena kandungan antioksidan dan nitratnya yang tinggi. Nitrat adalah senyawa yang membantu pengiriman oksigen ke jaringan, sehingga stamina otomatis akan meningkat.

Anda bisa memasukkan buah sehat tersebut pasa menu buka puasa sebagai pengganti kolak atau makanan dan minuman manis lainnya. Kandungan air dan kandungan nutrisi dalam buah pun bisa membantu melawan badan lemas. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search