TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Buntut Kisruh 22 Mei, Tokoh Masyarakat Probolinggo Kompak Deklarasi Damai

23/05/2019 - 10:27 | Views: 80.34k
Deklarasi damai tokoh agama, tokoh masyarakat dan aparat penegak hukum di Mapolresta Probolinggo. (FOTO: Happy L. Tuansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Menyikapi kisruh 22 Mei di Ibu Kota Jakarta, seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kota Probolinggo, kompak gelar deklarasi damai. Ini dilakukan sebagai bentuk komitmen bersama, untuk tetap menjaga kondusivitas wilayah Kota Probolinggo bersama aparat penegak hukum, TNI dan Polri.

Deklarasi damai tersebut, digelar di halaman Mapolresta Probolinggo, di jalan dr. saleh, Kota Probolinggo. Hadir dalam deklarasi tersebut, masing-masing tokoh agama, petinggi partai, organisasi kemasyarakatan, Pemkot Probolinggo, organisasi pemuda dan para ulama.

Deklarasi tersebut sekaligus sebagai imbauan pada masyarakat Kota Probolinggo. Agar tidak termakan isu people power seperti yang terjadi di Ibukota Jakarta, tepatnya di sekitaran gedung Bawaslu.

“Jangan sampai apa yang dilakukan saudara kita di Jakarta itu (kisruh Bawaslu), berdampak pada kondusivitas wilayah Kota Probolinggo. Mari kita jaga kondusifitas dan kedamaian di kota ini, agar kedepannya bisa berkembang dan lebih maju,” kata Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal, Kamis (23/5/2019).

Para tokoh agama dan tokoh masyarakat ini juga mengimbau pada warga, agar menempuh jalur hukum apabila ada hasil pemilu yang dirasa tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Tanpa harus melakukan tindakan anarkis dan main hakim sendiri mengingat Indonesia adalah negara hukum yang berdaulat.

Deklarasi damai kemudian digelar dan diucapkan oleh seluruh peserta. Dengan saling berpegangan tangan, sebagai simbol persatuan dan kesatuan bangsa. Harapannya, masing masing pihak yang terlibat bisa meneruskan pesan dalam deklarasi damai itu, ke seluruh warga Kota Probolinggo. (*)

Jurnalis: Happy L. Tuansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search