TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Nirmala Ratimanjari Sari: Sampah Racuni Habitat Laut Indonesia

03/06/2019 - 16:55 | Views: 11.27k
Tumpukan sampah laut yang dikumpulkan nelayan di pinggir pantai (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keberadaan sampah kian mencemari laut Indonesia. Menurut Aktivis Kelautan Nirmala Ratimanjari Sari, tak hanya tercemar, habitat laut juga teracuni dengan keberadaan sampah-sampah tersebut.

"Kita semua tahu, sampah-sampah yang ada di laut akan mencemari habitat yang ada di dalamnya. Sampah-sampah tersebut akan bisa menjadi racun bagi ikan, terumbu karang dan habitat laut lainnya," kata Nirmala, di Jakarta, Senin (3/6/2019).

Menurutnya, jika habitat laut terancam, secara tidak langsung masyarakat sekitar khususnya para nelayan juga akan merugi. Sebab, mayoritas dari mereka menggantungkan hidup dengan hasil laut.

Tak hanya itu, mengkonsumsi ikan yang telah tercemar juga berpotensi menimbulkan penyakit.

"Jadi dampaknya itu sangat luas sekali. Ikan-ikan yang dihasilkan oleh nelayan tersebut menjadi tidak sehat. Karena apa? Keberadaan sampah yang menjadi racun bagi habitat laut itu tadi," jelas dia.

Terlebih lanjutnya, banyaknya temuan sampah plastik di sekitar perairan, seperti laut, sungai dan danau yang diketahui akan sulit terurai.

"Coba kita bayangkan, sampah-sampah plastik itu sangatlah sukar terurai. Apalagi terdapat di laut. Kita timbun di dalam tanah saja butuh waktu yang sangat panjang bagi plastik-plastik tersebut menjadi hancur," ucapnya.

"Terlebih, plastik yang memiliki kandungan zat kimia yang sangat membahayakan. Hal itu akan merusak segala habitat yang ada di dalam laut itu sendiri. Jika laut sudah rusak, maka tidak ada lagi harapan kita untuk membenahinya," imbuh Nirmala.

Sangat menyayangkan fenomena tersebut, Nirmala Ratimanjari Sari berharap tak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan, apalagi ke perairan. Pun dengan penggunaan plastik yang sampahnya berpotensi meracuni habitat laut Indonesia. (*)

Jurnalis: Rahmi Yati Abrar
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search