TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Kabupaten Blitar Bakal Gelar 167 Pilkades di Tahun 2019

12/06/2019 - 14:51 | Views: 32.16k
Bupati Blitar Drs H Rijanto MM menyampaikan sambutan pada peresmian Desk Pilkades Kabupaten Blitar 2019.(Foto : Sholeh /Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITARKabupaten Blitar akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) di 167 desa secara serentak, pada 15 Oktober 2019 mendatang. Untuk menyukseskan gelaran itu, tahapan Pilkades diawali dengan kegiatan peresmian Dukungan Elemen Satuan Kerja (Desk) Pilkades yang terdiri dari unsur Forkopimda kemudian dari Setda dan asisten, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Muspika, Rabu (12/6/2019).

"Yang tentunya, tugas ini cukup berat. Unsur dalam Desk Pilkades harus menguasai peraturan peraturan yang terkait dengan Pilkades," terang Bupati Blitar Drs H Rijanto MM usai meresmikan Desk Pilkades Kabupaten Blitar 2019 di Pendapa Rangga Hadinegara.

Dikatakan Rijanto, setelah peresmian Desk Pilkades ini, Pemkab Blitar akan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di wilayah masing-masing kecamatan dan akan ada sosialisasi kepada seluruh desa dan kelurahan yang mengadakan Pilkades.

"Kita sudah berkali kali mengadakan Pilkades. di tahun 2016 ada 21 desa, tahun 2018 ada 31 desa dan tahun 2015 ada 156 desa," tambahnya.

Menurut Rijanto, Pilkades merupakan hak masyarakat untuk memilih pemimpin. Pesta demokrasi Pilkades juga merupakan hal luar biasa yang tentunya partisipasi pemilih akan lebih bagus dari pemilihan yang lain karena masyarakat ingin memilih pemimpinnya secara langsung yakni Kepala Desa.

"Sejak zaman Belanda pemilihan kepala desa (Pilkades) mesti paling ramai di banding pemilihan pemilihan lain," jelas Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM. (kmf)

Jurnalis: Muhammad Sholeh
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Blitar
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search