TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Komandan Kodim 0824 Jember Hadiri Haul Al Habib Sholeh Bin Muchsin Al Hamid

16/06/2019 - 18:00 | Views: 94.76k
Haul Habib Sholeh Bin Muchsin Al Hamid di Desa Tanggul Kulon. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menghadiri haul ke-43 Al Habib Sholeh bin Muchsin Al Hamid di Masjid Riyadhus Sholihin, Tanggul, Jember, Minggu (16/6/2019). Acara tersebut dihadiri sekitar 15 ribu jemaah dari berbagai daerah.

Dalam acara yang diketuai oleh Habib Haidar bin Muhammad bin Sholeh Al-Hamid tersebut, juga tampak hadir di antaranya Habib Abdullah bin Abdul Qodir Al-Aydrus yang sekaligus menjadi penceramah, Habib Muhdor bin Muhammad bin Sholeh Al-Hamid yang merupakan cucu dari Habib Sholeh, Habib Hasyim Assegaf dari Banyuwangi, Habib Thohir dari Tegal, Habib Muhammad bin Sholeh Al-Athos, dan sejumlah habib (habaib) berbagai daerah di Indonesia.

Dari kalangan pejabat yang hadir, selain Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, juga hadir Camat Tanggul Ghozali, Kapolsek Tanggul AKP Harjito serta jajaran Muspika Tanggul.

Haul-Habib-Sholeh-Tangul.jpg

Di mata masyarakat, Habib Sholeh dikenal sebagai Al-Bakry Al-Hamid, seorang yang saleh dan wali yang arif dan dicintai serta dihormati oleh masyarakatnya. Masyarakat meyakini bahwa Habib Sholeh termasuk salah satu waliyullah yang doanya selalu terkabul.

Habib Sholeh meninggal dunia pada 7 Syawal 1396 H (1976) silam dan meninggalkan enam putra-putri. Yakni Habib Abdullah (alm), Habib Muhammad (alm), Syarifah Nur (alm), Syarifah Fatimah, Habib Ali, dan Syarifah Khadijah. Dia dimakamkan di komplek pemakaman selatan PJKA, Tanggul, Jember, Jawa Timur.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengatakan bahwa Habib Sholeh bin Muchsin Al Hamid merupakan tokoh sepanjang jaman.

"Beliau termasuk orang yang diberi keberkahan umur panjang. Meskipun beliau sudah tutup usia namun masih banyak yang hadir dalam haul yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya," kata Arif.

Selain itu, Arif juga mengajak jemaah untuk meneladani pribadi Habib Sholeh yang dikenal santun dan penyayang. "Agar kita selalu berbuat baik serta menjaga persatuan dan kesatuan demi kejayaan NKRI," tegas Komandan Kodim 0824 Jember. (*)

Penulis: Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jember
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search