TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Hindari Makanan Ini Agar Awet Muda

18/06/2019 - 05:41 | Views: 25.64k
ILUSTRASI (FOTO: harpersbazaar.co.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Orang akan merasa senang jika dikira jauh lebih muda ketimbang usia aslinya alias awet muda. Jika ingin terlihat awet muda, Anda bisa memperhatikan asupan yang dikonsumsi. Untuk menjaga kesehatan kulit, ada harus menghindari beberapa makanan yang mungkin sering Anda konsumsi.

Dilansir dari Reader’s Digest, berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari bila ingin memiliki kulit yang awet muda.

1. Makanan tinggi gula

Gula adalah musuh terbesar dua protein yang bisa membuat kulit Anda senantiasa awet muda, yakni kolagen dan elastin. Gula yang terkandung dalam makanan akan membentuk advance glycation and products (AGE) di dalam tubuh. AGE yang terakumulasi dapat merusak berbagai protein di dalam tubuh sehingga kulit akan menjadi mudah berkerut, kendur, dan kusam.

2. Daging yang dibakar dengan arang

Daging yang dibakar dengan arang biasanya akan lebih mudah hangus. Nah, daging hangus sering mengandung hidrokarbon proinflamasi. Hal itu tentunya tidak baik karena dapat menyebabkan peradangan serta dapat menghancurkan kolagen kulit.

3. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat yang satu ini sangat mudah dicerna menjadi gula dan akan berujung pada penumpukan AGE di dalam tubuh. Cobalah mulai sekarang ganti karbohidrat sederhana Anda dengan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal.

4. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan fungsi organ hati. Nah, ketika organ hati tidak berfungsi dengan baik, racun yang berpotensi memengaruhi kulit akan menumpuk dan kulit mendapatkan banyak masalah, salah satunya penuaan dini.

5. Margarin

Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menemukan, orang yang secara teratur mengonsumsi margarin memiliki lebih banyak kerutan daripada orang jarang mengonsumsi sumber lemak tersebut. Diketahui adalah suatu jenis lemak di dalam margarin yang dapat meningkatkan peradangan sehingga kulit menjadi tampak lebih tua.

6. Makanan asin

Apa pun yang mengandung garam atau natrium dalam jumlah tinggi akan membuat kulit Anda semakin kering dan mudah keriput. Pasalnya, garam yang berlebih di dalam tubuh akan mengeluarkan lebih banyak cairan dari sel.

7. Makanan super pedas

Kulit kemerahan akibat peradangan akan menurunkan kualitas penampilan Anda. Dan sayangnya, hal itu bisa dipicu oleh makanan yang super pedas.

Itulah makanan yang sebaiknya dihindari agar awet muda. Selain menghindari makanan tersebut, sebaiknya perbanyak minum air putih, makan sayur dan buah, mengurangi makanan yang dibakar dan digoreng, serta mengonsumsi air kaldu tulang dan daging (mengandung banyak kolagen). Pasalnya, makanan tersebut lebih bisa menjaga kesehatan kulit. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Reader Digest
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search