TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Haul Bung Karno, Pemkot Blitar Gelar Kenduri 1000 Tumpeng

20/06/2019 - 22:53 | Views: 11.23k
Plt Walikota Blitar berikan potongan tumpeng kepada Sukmawati Soekarnoputri Putri pada Kenduri 1000 Tumpeng dan Doa bersama dalam rangka Haul Bung Karno ke 49, Kamis (20/6/2019) malam. (Foto: Sholeh /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Pemerintah Kota Blitar menggelar Kenduri 1000 Tumpen dan Doa bersama dalam rangka Haul Bung Karno ke-49 di Makam Bung Karno, Kamis (20/6/2019) malam.

Acara ini adalah agenda rutin yang dikemas merakyat. Tidak hanya digelar di sekitar Makam Bung Karno tetapi tumpeng disediakan menyebar hingga di depan Istana Gebang Kota Blitar.

"Tumpeng merupakan simbol kebersamaan, simbol gotong royong, dan simbol sebagai rasa syukur kita karena Republik Indonesia dianugerahi tokoh besar yaitu Bung Karno," urai Plt Wali Kota Blitar, Santoso.

Haul-Bung-Karno-Blitar.jpg

Menurut Santoso, sejarah perjuangan kemerdekaan telah memberikan pelajaran bahwa bangsa ini pernah diadu domba oleh penjajah selama ratusan tahun melalui politik pecah belah atau yang sering dikenal dengan politik devide at impera.

Dengan situasi sudah merdeka seperti ini, dikatakannya, jangan sampai kelompok bangsa diadu dengan bangsa lainnya untuk kepentingan sempit dan sesaat yang berujung pada munculnya perasaan dendam dan tidak percaya di antara sesama bangsa Indonesia.

"Bangsa kita memang berbhineka. Namun kita adalah saudara sebangsa dan setanah air. bendera kita sama, tanah air dan tumpah darah kita juga sama sehingga jangan sampai mudah diprovokasi dan diadu domba," jelasnya.

Selain mendoakan arwah Bung Karno kegiatan haul Bung Karno ini di utarakan Santoso merupakan momentum untuk mempererat ikatan kebersamaan dan memperkuat semangat kebangsaan dan nasionalisme. seperti yang dulu dicetuskan oleh para pendiri atau founding fathers bangsa Indonesia.

Melalui acara Kenduri 1000 Tumpeng dan Doa Bersama di Haul Bung Karno ke-49 ini, masyarakat bisa mengekspresikan kecintaan rasa hormat kepada Bung Karno dan melepaskan rindu sejarah pada bapak yang sederhana itu. "Apapun latar belakang kita, mari kita berikan yang terbaik bagi masyarakat bangsa dan negara sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Bung Karno," tegas Santoso. (*)

Jurnalis: Muhammad Sholeh
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Blitar
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search