TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Tak Hanya Menyehatkan, Bangun Pagi Bikin Bahagia Lho

21/06/2019 - 05:22 | Views: 24.36k
Ilustrasi - Bangun Pagi (FOTO: hellosehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTABangun pagi bisa membuat seseorang lebih sehat karena kita masih bisa menghirup udara bersih dan segar di pagi hari. Selain menyehatkan, bangun pagi ternyata bisa bikin bahagia. Benarkah?

Ada banyak alasan mengapa Anda harus memulai kebiasaan bangun di pagi hari. Faktanya, menurut penelitian kebiasaan ini bisa bikin bahagia karena beberapa hal berikut, seperti dilansir dari Hello Sehat.

1. Punya waktu berolahraga

Orang yang terbiasa bangun pagi tentunya punya waktu lebih banyak untuk berolahraga sebelum memulai aktivitasnya. Jika tubuh sudah bugar, hal ini akan berpengaruh pada mood Anda seharian. Dalam beberapa penelitian juga disebutkan bahwa orang yang rutin olahraga membuat hormon bahagia jadi lebih aktif.

2. Meningkatkan suasana hati

Kebiasaan bangun pagi ternyata bisa meningkatkan suasana hati, membuat Anda lebih waspada, dan meningkatkan sistem imun.

Selain itu, seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa orang yang punya kebiasaan bangun pagi dapat mendapatkan keuntungan olahraga yang lebih banyak. Misalnya, tubuh Anda akan melepaskan hormon endorfin untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, sehingga lebih bahagia.

3. Lebih ceria

Keceriaan adalah salah satu keutamaan dari orang yang suka bangun pagi. Sebuah jurnal pada tahun 2012 pernah membahas bahwa orang yang suka bangun pagi biasanya lebih sehat. Hal tersebut dikarenakan aktivitas harian mereka tersusun dengan rapi.

Dalam penelitian tersebut, para peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama berisikan 435 orang berusia 17-38 tahun dan  297 orang lainnya berusia 59-79 tahun. Dua kelompok tersebut mengisi kuesioner mengenai keadaan emosional mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih tua memiliki perasaan yang lebih positif dibandingkan mereka yang lebih muda. Hal tersebut dikarenakan pada kelompok yang lebih tua punya kebiasaan bangun pagi. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search