TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Lima Pilihan Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

25/06/2019 - 05:04 | Views: 25.61k
ILUSTRASI - Dark Chocolate dapat menurunkan kolesterol. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Makanan dengan kadar minyak yang tinggi bisa menyebabkan Anda mengalami kolesterol yang berujung pada penyakit kronis seperti jantung koroner bahkan stroke. Agar terhindar dari kolesterol, selalu konsumsi makanan sehat dengan tepat.

Dilansir dari Okezone berikut beberapa makanan yang mampu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh Anda.

1. Alpukat

Makanan sehat yang mampu mencegah penimbunan lemak adalah alpukat. Buah yang satu ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan tingkat LDL dalam tubuh. Alpukat bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menukat makanan yang tinggi lemak jenuh dengan asam lemak tak jenuh.

2. Dark Chocolate

Jika tidak begitu suka dengan rasa alpukat, dark chocholate bisa menjadi pilihan tepat lainnya. Penelitian menemukan, sejumlah kecil cokelat mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Cokelat memiliki flavanoid yang merupakan antioksidan yang memvantu sel dalam melawan kerusakan.

3. Minyak Zaitun

Sama seperti alpukat, minyak zaitun memiliki asam lemak tak jenuh. Mengganti mentega dengan minyak zaitun bisa membantu Anda memiliki kesehatan tubuh yang jauh lebih baik. Cara menggunakannya juga sangat sederhana sama seperti menggunakan minyak pada umumnya.

4. Terong

Sayur yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat di dalamnya. Menurut Harvard Medical School, terong dapat menyerap asam empedu dalam tubuh Anda dan mendorong tubuh untuk menyerap kolesterol pada hati Anda.

5. Delima

Buah yang cukup sulit ditemui ini mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Semua olahan buah delima mampu mengendalikan kolesterol dan memperlambat penumpukannya. Hal ini telah dibenarkan oleh Amy Gorin seorang ahli dier yang berbasis di New Jersey. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search