TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Pemuda di Gresik Buat Lampu Tidur Damar Kurung dari Paralon Bekas

25/06/2019 - 09:25 | Views: 47.53k
Lampu damar kurung dari paralon bekas (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Pemuda di Gresik memanfaatkan paralon bekas menjadi kerajinan lampu tidur damar kurung yang ciamik.

Kerajinan itu dibuat oleh Joko Irwan, perajin asal Kota Gresik, Jawa Timur yang bermukim di Jalan Kapten Dulasim.

Joko mengatakan, enam bulan lalu ia mendapati banyak pipa paralon bekas yang hanya menjadi limbah.

Dari pada terbuang menjadi limbah, kemudian, ia memiliki ide untuk membuat karya lampu tidur damar kurung.

"Ya karena ingin memanfaatkan barang bekas saja. Kebetulan Gresik terkenal dengan kerajinan damar kurung, akhirnya saya mencoba membuat itu dan hasilnya lumayan," kata Joko, Selasa (25/6/2019).

Joko mengatakan, untuk membuat kerajinan itu cukup mudah. Sebab, kerajinan ini mirip dengan lentera damar kurung yang sudah ada namun bentuknya lebih kecil dan cocok untuk dijadikan lampu tidur.

Untuk membuat lampu tidur damar kurung, pertama mengubah paralon bekas menjadi penyangga pada bawah lentera, kemudian kertas yang sudah digambar ditempelkan di dua sisi seperti pembuatan lentera damar kurung pada umumnya.

"Dan tema damar kurung karena ini kerajinan asal Gresik seniman yang dipopulerkan Masmundari. Jadi ini juga bentuk pelestarian budaya," imbuhnya.

Joko mengungkapkan, satu lampu tidur damar kurung yang ia jual cukup murah. Ia menjualnya mulai dengan harga Rp. 100.000. Untuk memasarkan, Joko lebih menjualnya secara langsung maupun online.

"Juga mengikuti pameran-pameran dan berharap Pemkab Gresik lebih peduli dan membantu pemasaran produk kerajinan tangan seperti lampu tidur damar kurung dari paralon bekas ini," ungkapnya. (*)

Jurnalis: Akmalul Azmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Gresik
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search