TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Nasional

Wakili DPR RI Satya W Yudha Bahas Isu Strategis dengan Chuan Leekpai di ASEAN Summit

25/06/2019 - 10:54 | Views: 9.32k
Satya Widya Yudha berbincang dengan Ketua Parlemen Thailand Chuan Leekpai. (FOTO: Humas DPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di sela-sela agenda pertemuan puncak ASEAN Summit ke-34 di Bangkok, Thailand, juga berlangsung pertemuan bilateral antara DPR RI dengan Parlemen Thailand. Pertemuan itu sendiri berjalan cukup akrab antara Parlemen Indonesia yang diwakili oleh Satya Widya Yudha dengan Ketua Parlemen Thailand Chuan Leekpai usai keduanya hadir dalam AIPA-ASEAN Leader’s Interface Meeting, Sabtu, (22/6/2019).

“Pertemuan berlangsung hangat dengan Chuan Leekpai Ketua Parlemen Thailand yang juga tokoh senior di ASEAN, karena beliau juga mantan Perdana Menteri dua kali. Meskipun beliau sudah berusia 80 tahun, tapi HE Chuan Leekpai masih tampil sangat bugar di tengah-tengah kesibukannya sebagai tuan rumah ASEAN Summit 2019, ” cerita Satya usai pertemuan di Hotel Intercontinental, Bangkok.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar tersebut mewakili Parlemen Indonesia yang turut hadir dalam sidang tahunan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Bangkok mulai 20 hingga 23 Juni 2019. 

“Atas nama DPR RI, dalam pertemuan bilateral dengan Ketua Parlemen Thailand tersebut disampaikan bahwa diharapkan pertemuan ini bisa memperkokoh hubungan kedua parlemen yang selama ini sudah berlangsung dengan baik antara RI dan Thailand,” beber Satya.

Ditambahkan, DPR RI juga mengharapkan kedua parlemen bisa melakukan rincian penyelesaian dari pokok-pokok pikiran para pimpinan Parlemen ASEAN dengan para Kepala Negara ASEAN menyangkut isu-isu strategis kawasan, seperti penanganan perubahan iklim, kesamaan hak bagi perempuan, masalah narkoba, menciptakan perdamaian di kawasan, penanggulangan aksi terorisme serta pelestarian warisan budaya nasional secara regional.

“Saya sampaikan juga, perlunya menindaklajuti pesan Presiden Jokowi dalam AIPA-ASEAN Leader’s Interface Meeting tentang pentingnya kolaborasi pemerintah dan parlemen dalam penyelesaian masalah-masalah penting seperti penanganan pekerja migran, keseteraan gender, menjunjung tinggi demokrasi serta menjaga stabilitas kawasan,” ungkap Satya.

Di sesi akhir pertemuan bilateral tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Satya Widya Yudha juga memohon saran-saran terbaik dari Chuan Leekpai yang merupakan tokoh terpandang di Thailand serta tokoh senior yang cukup disegani di ASEAN selama ini demi kemajuan bersama antara Parlemen Indonesia dan Parlemen Negeri Gajah Putih. (*)

Jurnalis: Yayat R Cipasang
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search