TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Puskesmas Lamongan Buka Pelayanan Kesehatan Tradisional

25/06/2019 - 13:59 | Views: 7.93k
Pelayanan kesehatan tradisional di 33 puskesmas di Lamongan, Selasa, (25/6/2019). (FOTO : Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANPuskesmas di Lamongan, Jawa Timur, membuat terobosan baru dengan menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan tradisional.

Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, mengatakan, pelayanan ini dilakukan oleh fasilitator atau tenaga yang dilatih asuhan mandiri (asman) di 33 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten.

“Pelayanan kesehatan tradisional ini, untuk menekan penggunaan obat kimia pada gejala atau penyakit ringan,” ucap Taufik, Selasa, (25/6/2019).

puskesmas-di-Lamongan-b.jpg

Taufik membeberkan, bahwa pada akhir bulan Juni ini akan dilaksanakan Festival Asman yang akan menampilkan hasil produk tanaman obat keluarga (Toga), pelayanan kesehatan tradisional dan senam akupresur.

Ada pun bentuk pelayanan kesehatan tradisional tersebut meliputi akupresur dan penyehat tradisional (hattra). Perlu diketahui, akupresur adalah pemijatan pada titik-titik tertentu untuk meredakan nyeri.

Akupresur sendiri terdapat dua macam yakni akupresur mandiri dan akupressure klinis. Untuk akupresur mandiri bisa dilakukan oleh asman di tiap puskesmas atau penderita sendiri yang sudah terlatih.

puskesmas-di-Lamongan-c.jpg

“Sedangkan akupresur klinis harus dilakukan oleh tenaga kesehatan. Dan untuk hatra meliputi bekam, toga, pijat tradisional dan lain-lain,” ujar Taufik.

Para asman pada tiap puskesmas di Lamongan, selain memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga melakukan pelatihan akupresur mandiri kepada masyarakat tanpa dipungut biaya. (*)

Jurnalis: Ardiyanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Lamongan
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search